Ingin Kulit Sehat dan Cerah? Hindari 5 Jenis Makanan Ini

  • Bagikan
Ingin Kulit Sehat dan Cerah? Hindari 5 Jenis Makanan Ini
Ilustrasi (Facetofeet.com)

PortalMadura.Com – Makanan yang kita makan setiap hari harus memberikan manfaat baik bagi tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh diperoleh dari apa yang kita makan. Sehingga, konsumsi makanan sehat setiap hari agar tubuh terhindar dari masalah-masalah kesehatan.

Kulit sehat dan cerah ternyata juga bisa dari faktor makanan. Oleh karena itu, Anda perlu tahu beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar kulit terlihat sehat dan cerah. Lantas makanan apa saja yang dimaksud? Sebagaiamana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com yang dikutip dari Healthline, berikut ini penjelasannya:

Makanan Tinggi Karbohidrat Olahan

Orang dengan masalah kulit seperti jerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi karbohidrat olahan. Seperti roti, biskuit, sereal, pasta, mie beras dan nasi putih. Selain itu, faktor lain yang bisa menyebabkan masalah kulit adalah makanan tinggi gula diantaranya, soda, pemanis buatan, dan sirup.

Menurut sebuah penelitian, orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko 30% lebih besar terkena jerawat, sedangkan mereka yang secara teratur makan karbohidrat olahan memiliki risiko 20% lebih besar mengalami hal yang sama.

Hal ini terjadi karena, karbohidrat olahan dan gula tambahan bisa menyebabkan peningkatan kadar insulin dalam tubuh. Insulin yang tinggi membuat produksi hormon seks androgen meningkat dan lebih aktif. Akibatnya sel-sel kulit tumbuh lebih cepat, produksi sebum meningkat, dan kulit jadi berjerawat.

Makanan Tinggi Kandungan Garam

Garam dalam bentuk natrium memang bisa menambah rasa pada makanan yang dimakan. Tapi, Anda perlu tahu nih kalau terlalu banyak mengonsumsi garam juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Mengapa demikian?

Masalah kesehatan kulit dapat muncul akibat Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi kandungan garam, dimana ini bisa terjadi dalam beberapa cara.

Pertama, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam akan membuat tubuh mengalami dehidrasi, yang bisa menyerap kelembapan kulit. Kedua, terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh akan menahan air yang ada di dalam tubuh, sehingga tanda-tanda masalah kesehatan kulit akan muncul, salah satunya kantung hitam di bawah mata.

Makanan Berupa Produk Olahan Susu

Ada lagi nih makanan yang sebaiknya Anda hindari agar kulit cerah dan sehat, yaitu makanan yang terbuat dari olahan susu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, susu dan produk olahan susu dapat menyebabkan masalah kesehatan kulit, serta menimbulkan jerawat bagi sebagian orang. Ini karena, susu dan makanan olahan susu mengandung hormon yang bisa mengganggu kesehatan kulit Anda.

Susu mengandung asam amino leucine, yang bisa meningkatkan produksi minyak di dalam sel-sel kulit. Dimana ini bisa memengaruhi kesehatan kulit dan memperparah kondisi jerawat yang mungkin Anda miliki.

Makanan Indeks Glikemik Tinggi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, konsumsi makanan dengan Indeks Glikemik (GI) tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan kulit. Ini karena, makanan dengan indeks glikemik tinggi akan meningkatakan kadar insulin dalam darah yang lebih cepat daripada makanan dengan indeks glikemik rendah.

Sama seperti makan karbohidrat olahan dan gula, makanan indeks glikemik tinggi juga akan menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin. Akibatnya, produksi hormon androgen dalam tubuh meningkat, yang membuat kulit jadi kelebihan sebum atau minyak.

Seperti yang diketahui, kelebihan sebum membuat kulit mudah berkomedo dan berjerawat.

Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan tinggi lemak jenuh dikaitkan dengan faktor pertumbuhan insulin yang tinggi. Dimana hal ini bisa merangsang produksi hormon seks yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan masalah kesehatan kulit lainnya.

Di sisi lain, mengonsumsi sumber makanan nabati yang kaya akan antioksidan, serat, dan lemak sehat, membantu tubuh mengurangi peningkatan kadar insulin dalam tubuh.

Makanan tinggi lemak jenuh yang sebaiknya kamu hindari diantaranya daging merah, mentega, keju, serta beberapa jenis minyak seperti minyak kelapa dan minyak sawit. Konsumsi makanan tinggi lemak jenuh tidak lebih dari 120 kalori atau 13 gram per harinya ya.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari agar kulit cerah dan sehat.

Jika Anda ingin mencari tahu diet terbaik untuk mendapatkan kulit yang sehat, Anda bisa juga berkonsultasi langsung ke dokter ya. Dokter akan memberikan saran terkait hal ini, sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Semoga bermanfaat ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.