Riset, Mobil Bekas Paling Murah Ternyata Ada di Kota Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Riset, Mobil Bekas Paling Murah Ternyata Ada di Kota Ini
Ist. Net (ilustrasi)

PortalMadura.Com, Jakarta – Luasnya wilayah Indonesia membuat sangat bervariasi. Meskipun penjualan produk otomotif di tahun 2015 mengalami masa-masa sulit, ternyata tidak terlalu berpengaruh untuk penjualan mobil bekas.

Gunnar Rentzsch, Co-Founder Carmudi Indonesia, Selasa (10/11/2015) mengungkapkan, banyaknya pilihan mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, berhasil memikat hati konsumen dibandingkan membeli mobil baru yang harganya lebih tinggi.

Carmudi, sebagai situs jual beli kendaraan online, melakukan riset terhadap puluhan ribu mobil bekas berbagai model dari tahun 2000 hingga 2014 yang terdapat di listing Carmudi.

Khusus di ibukota Jakarta, hasil riset menemukan bahwa rata-rata harga mobil bekas Rp 190,7 juta. Wilayah Jakarta Timur memiliki rata-rata harga mobil bekas termurah dengan Rp 144,4 juta.

“Sedangkan rata-rata harga mobil bekas di Jakarta Selatan jauh lebih mahal dengan Rp 332 juta, dan Jakarta Utara memiliki harga rata-rata termahal Rp402 juta,” terangnya.

Bergeser sedikit ke kota-kota di sekitaran Jakarta, rata-rata harga mobil bekas di Tangerang terhitung paling murah dengan Rp 128 juta bila dibandingkan dengan Depok Rp 129,6 juta, dan Bogor Rp 133,5 juta.

Di Jawa Tengah, kota Salatiga merupakan kota dengan rata-rata harga mobil bekas paling murah di Indonesia dengan Rp 101,9 juta, diikuti Surakarta dengan Rp 128,2 juta dan Magelang Rp 135,4 juta.

“Bila diurutkan dari data-data di atas, kota-kota dengan harga termurah di pulau Indonesia secara berurutan adalah di Salatiga, Tangerang, dan Surakarta,” urainya.

Harga mobil bekas memiliki rentang harga yang luas di wilayah Jakarta. Hal ini tidak mengherankan karena varian model mobil bekas di Jakarta sangat beragam mulai dari mobil jenis city car hingga mobil jenis supercar yang berharga miliaran rupiah per unit.

Menurutnya, mobil bekas memiliki peminat yang sangat banyak. Kurang kondusifnya perekonomian membuat masyarakat banyak beralih membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru.

“Riset ini memberikan gambaran betapa luasnya rentang harga mobil bekas di setiap wilayah di Indonesia, sehingga memberikan banyak pilihan bagi masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan mereka,” katanya.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.