oleh

Ruang Hemodialisa dan Lab Biomolekuler RSUD Sumenep Diresmikan

PortalMadura.Com, Sumenep – Ruang Hemodialisa dan Lab Biomolekuler RSUD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, diresmikan oleh Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Senin (1/2/2021).

Peresmian itu dihadiri oleh Wakil Bupati, Achmad Fauzi, Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Rasyadi, Kajari, Ketua PN, dan Kapolres Sumenep, AKBP Darman.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menyampaikan, dengan diresmikannya ruang Hemodialisa dan Lab. Biomolekuler diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat lebih baik.

“Jika pelayanan di RSUD ini bagus, maka penilaian untuk Kabupaten Sumenep akan lebih tinggi,” katanya.

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan Rumah Sakit (RS) Sumenep, pada tahun 2016 mencapai 2,6 persen, dan pada tahun 2017 meningkat menjadi 3,3, persen.

“Sedangkan dari tahun 2018, 2019 dan 2020 dengan angka yang sama yakni 3,25 persen,” terangnya.

Sementara, Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Erliyanti menyebutkan, pembangunan ruang Hemodialisa dan Lab. Biomolekuler menghabiskan dana sekitar Rp 4,5 Miliar.

“Gedung lab PCR ini dibangun serta pengadaan alat pendukungnya menggunakan APBD Sumenep tahun 2020,” jelasnya.

Tenaga yang disiapkan khusus Hemodialisa dan Lab Biomolekuler, yakni dokter spesialis patologi klinik 2 orang dan relawan medis sebanyak 5 orang.

“Dari tujuh tenaga medis itu telah mendapat pelatihan dan dibantu dengan tenaga tetap rumah sakit,” terangnya.

Menurutnya, ruang Hemodialisa dan Lab Biomolekuler sangat diharapkan masyarakat luas. Khususnya pasien yang memiliki penyakit gagal ginjal.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Desy Wulandari

Komentar