Rumus Umum Modifikasi Ban Motor Skutik yang Aman

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Liputan6.com
Rumus-Umum-Modifikasi-Ban-Motor-Skutik-yang-Aman
Ilustrasi (Autos.id)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Memodifikasi motor kesayangan memang tidak dilakukan oleh semua pengguna kendaraan. Tapi bagi penikmatnya, hal ini menjadi suatu hal yang menyenangkan dan ada yang menjadikannya hobi tersendiri. Perubahan yang dilakukan, mulai dari yang sederhana sampai dengan yang terbilang ekstrim.

Umumnya, pengguna motor atau skuter matik (skutik) mengubah atau memodifikasi bagian kaki-kakinya, entah itu ban atau pelek. Alasannya, agar lebih nyaman saat digunakan. Ada juga yang bilang bisa meningkatkan tampilan kuda besi agar lebih keren dan enak dilihat.

Perlu Anda tahu, saat memodifikasi kaki-kaki pada motor perlu diperhatikan ukuran standar roda motor skutik yang identik dengan ukuran yang kecil mulai dari 12 inci, 13 inci, dan 14 inci.

Agar pengendara tetap nyaman dan aman saat di jalan raya, ketika memodifikasi ban dapat menggunakan rumus paling umum, yaitu plus dua tingkat dari ukuran standar. Ban standar skutik, adalah 90/80-14 inci, maka maksimal kenaikannya sampai dengan 110/80-14 inci.

Jika melebihi rumus tersebut, dampaknya karet bundar bakal menyentuh suspensi dan sepatbor.

“Jika ingin merubah dengan ukuran yang lebih besar atau kecil silahkan saja, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti saat ingin ikut ajang modifikasi, modifikasi ban motor bisa dilakukan sesuai kreatifitas masing-masing. Contoh mengganti dengan ukuran ban lebih kecil seperti ban sepeda diperbolehkan namun tidak disarankan karena tidak safety riding,” ujar Fajar Afriansyah selaku trainer YRA Safety Riding, seperti dilansir Liputan6.com.

Pakai Tambahan Aksesoris

Lanjutnya, melakukan modifikasi untuk kontes modifikasi, memang hanya untuk kepentingan lomba bukan untuk dikendarai di jalan raya karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

“Agar tampilan ban motor tampak makin keren bisa menggunakan beragam aksesori di side wall atau dengan pengganti pentil standar. Penggunaan aksesori motor yang dimodifikasi tidak ada masalah, selama tidak mengganggu keselamatan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.