Rusak Parah, Dermaga I Kalianget Tetap Dimanfaatkan

Avatar of PortalMadura.com
Rusak Parah, Dermaga I Kalianget Tetap Dimanfaatkan
Dermaga I Kalianget (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Dermaga 1 , Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, kondisinya sangat memprihatinkan. Pasalnya, jembatan penumpang miring dan ujung dermaga ambrol, bahkan tidak layak dimanfaatkan.

“Pemerintah daerah tidak bisa memperbaiki dermaga tersebut, karena statusnya milik Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan,” kata Kepala , Sustono, Senin (12/11/2018).

Dermaga 1 Pelabuhan Kalianget ini merupakan tempat bersandar kapal yang melayani rute pelayaran Kalianget-Sapudi, Raas, dan Jangkar Situbondo. Kondisi rusak parah ini dibiarkan bertahun-tahun.

“Dermaga ini memang sudah lama rusak, tapi karena memang tidak ada dermaga lagi, ya terpaksa tetap dimanfaatkan,” ucapnya.

Ia menyampaikan, Pemkab tidak memiliki kewenangan untuk memperbaiki dermaga I itu, kecuali hanya mengusulkan ke Kementerian Perhubungan RI karena dermaga tersebut menjadi aset Dirjen Perhubungan Darat.

“Sejak tahun 2016, kami telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk perbaikan Dermaga I, bahkan 2017 telah mempresentasikannya di Kemenhub,” terangnya.

Kendati demikian, lanjutnya, usulan tersebut tidak serta merta dikabulkan, karena harus dilengkapi rencana induk pembangunan dan Detail Engineering Design (DED).

“Itupun dokumen perencanaan tersebut bukan kewenangan kami di Dishub, melainkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.