oleh

Rutan Bangkalan Sita 12 HP dari Tangan Napi

PortalMadura.Com, Bangkalan – Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 2B Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menyita sekitar 12 Handphone (HP), Kamis (28/4/2017).

Ke 12 HP dari berbagai merk terssebut, disita dari tangan naripidana dan warga binaan pemasyarakatan (WBP), setalah petugas melakukan operasi rutin dan insidentil sejak awal tahun 2017.

“Kami mengamankan 12 HP dari napi, HP ini kan yang menjadi biang keladi, berkomunikasi dengan orang di luar Rutan,” terang Kepala Rutan Bangkalan, Lindu Prabowo, kepada wartawan.

Selain itu, petugas juga mengamankan benda tajam, seperti garpu sendok, serta besi dari dalam kamar lapas. “Kami juga menemukan benda keras dan tajam, ya antisipasi kemungkinan terjadi tawuran di Rutan,” tambahnya.

Dia menjelaskan, operasi itu selalu dilakukan secara Rutin, dan akan memperketat peraturan, baik bagi napi dan keluarganya yang membesuk ke Rutan, karena menurutnya, jika napi memiliki HP, akan mudah berkomunikasi dengan orang luar yang berpotensi mengedarkan barang haram seperti narkoba dan sejenisnya.

“Barang-barang itu, akan dimusnahkan, karena ini sangat rentan sekali disalahgunakan,” pungkasnya.(Hamid/Har)


Komentar