Saat Ajal Menjemput, 5 Kelompok Ini yang Rasakan Bahagia

Avatar of PortalMadura.com
Saat Ajal Menjemput, 5 Kelompok Ini yang Rasakan Bahagia
Ilustrasi

PortalMadura.Com – seseorang merupakan rahasia Allah. Tidak ada seorang makhluk pun yang mengetahui kapan waktu kematiannya tiba. Oleh karena itu, manusia harus selalu berusaha agar bahagia saat ajal menjemput.

Nabi Muhammad SAW menyebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmizi, bahwa ada beberapa orang yang akan bahagia saat ajal menghampiri mereka, sebab lewat kematian ia akan bertemu dengan Allah Swt. Terhadap orang-orang tersebut, Allah akan meneguhkan pendirian mereka di jalan yang lurus.

Allah berfirman: ”Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu” (QS. Fushshilat: 30)

Berdasarkan ayat di atas, Imam Abu Laist as-Samarqandi berkata dalam kitab Tanbihul Ghafilin, hanya lima orang berikut ini yang akan berbahagia saat ajal menjemput mereka, siapa saja?

Berikut daftarnya:

Orang Mukmin
Sekalipun ada azab akhirat bagi yang melakukan larangan-larangan Allah, akan tetapi siksa tersebut tidak abadi bagi orang yang percaya dan beriman kepada Allah dan RasulNya.

Hal itu berkat syafaat Nabi Muhammad bagi umatnya kelak di akhirat, di mana mereka akan dikembalikan ke surga setelah dosa-dosanya dibersihkan. Sebagaimana janji Allah, bahwa sesungguhnya akan masuk surga seseorang yang dalam hatinya ada keimanan meski sebesar biji sawi.

Orang Ikhlas
Allah akan menerima amal perbuatan orang-orang yang ikhlas dalam beramal. Bahkan dilipatgandakan. Mereka orang-orang yang akan bahagia ketika ajal tiba.

Orang yang Bertobat
Meski sebesar gunung dosa-dosa yang telah dilakukan, sesungguhnya ampunan Allah lebih besar. Maka sungguh berbahagia mereka yang bersungguh-sungguh dalam tobatnya. Sesungguhnya Allah akan mengganti keburukan mereka dengan kebaikan tobat.

Orang yang Zuhud
Mereka yaitu orang yang tidak peduli dengan kenikmatan dunia meski seluruh kenikmatan dibukakan atasnya, dia tetap mendambakan bertemu Rabb-nya. Mereka tidak perlu khawatir dengan kematian dan hari perhitungan kelak, sungguh mereka akan berbahagia di surga yang tidak ada azab di dalamnya.

Ulama yang Mengajarkan Kebaikan dan Ilmu Pengetahuan Kepada Manusia
Mereka tidak perlu khawatir dan bersedih terhadap datangnya kematian dan hari akhir. Sebab amal saleh mereka akan dibalas dengan surga yang diperuntukkan bagi mereka dan orang-orang yang mengikuti ajarannya.

Marilah kita berlomba-lomba dalam kebaikan untuk meraih ridhaNya. Sebab setiap insan berharap ujung perjalanan hidupnya akan ditutup dengam husnul khatimah. Agar di penghujung nafas akan terkulum kalimat Laa Ilaha illa Allah. (islami.co/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.