Saat Terjadi Tabrakan, Jangan Katakan Ini pada Pengemudi Lain

Avatar of PortalMadura.com
Saat Terjadi Tabrakan, Jangan Katakan Ini pada Pengemudi Lain
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ada kecelakaan di jalan biasanya reaksi seseorang akan spontan terkejut. Apalagi jika kejadian itu terjadi pada diri sendiri. Tidak jarang merasa marah atau emosi ingin segera mengatakan sesuatu hal pada lain.

Akan tetapi sebenarnya, saat genting seperti itu Anda perlu pengendalian diri agar bisa berpikir jernih dan logis. Jangan menambah masalah dengan perdebatan yang tidak perlu.

Walaupun dirasa sangat sulit dikendalikan, namun ada beberapa hal yang harus Anda lakukan saat mengalami petaka di jalan. Berikut penjelasannya:

Pertama dan paling utama, Anda harus berhenti di lokasi kecelakaan, terlepas dari seberapa parah tingkat kerusakan dan siapa yang harus disalahkan. Perhatikan tempat berhenti Anda, pastikan tidak mengganggu arus lalu lintas sekitar.

Lalu, komunikasilah dengan pengemudi lain yang terlibat dengan Anda untuk saling bertukar informasi. Pada sesi ini memang situasi memanas dan emosional sangat sulit dikendalikan, namun lebih baik upayakan tetap dapat menguasai diri dan selesaikan dengan damai.

Agar tidak memperuncing suasana, hindari segala kata atau gestur tubuh yang dapat memperbesar permasalahan, ketika saling berkomunikasi. Hindari juga berkata kasar, karena itu dapat digunakan untuk melawan Anda saat mengajukan klaim kompensasi. Jangan sampai klaim justru ditolak akibat perangai atau kata-kata buruk yang Anda sampaikan.

Tetapi yang terpenting, Anda harus menghindari meminta maaf pada pengemudi lain, karena pengakuan bersalah sama halnya dengan menjustifikasi jika Anda lah penyebab kecelakaan. Jika Anda merasa kesalahan memang ada di Anda dan harus bertanggung jawab atas kecelakaan itu, sebaiknya hindari untuk mengatakan maaf.

Meski secara teknis mengatakan maaf tidak berarti Anda langsung menanggung semua kesalahan atas kecelakaan itu, tetapi akan jauh lebih baik jika Anda tidak serta merta menyatakannya di tempat kejadian. Karena tentu siapa pun bakal menolak untuk disalahkan saat kecelakaan, karena takut diminta ganti rugi atas kerusakan yang terjadi.

Solusinya, pastikan Anda periksa orang-orang yang terlibat dalam kecelakaan, selebihnya biarkan perusahaan asuransiyang menangani klaim tersebut. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.