oleh

Sabar, Kunci Hidup Menuju Kesuksesan dan Kebahagiaan

PortalMadura.Com – Kesabaran adalah salah satu kunci menuju kebahagiaan. Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk menggapai kesuksesan dan berbagai target dalam hidup.

Namun, mengaplikasikan kesabaran kadang bukan hal yang mudah karena senantiasa ada godaan yang mengganggu baik datangnya dari setan ataupun hawa nafsu manusia itu sendiri yang mengajak kepada ketergesa-gesaan, hingga prinsip-prinsip kesabaran mulai terabaikan.

Berikut cara yang Anda bisa gunakan untuk membentuk sikap sabar dalam diri Anda:

Meningkatkan Kesadaran Diri
Untuk menumbuhkan sikap sabar dalam diri Anda, cara termudah yang Anda bisa lakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran diri. Kesadaran diri juga multifungsi, bukan hanya untuk meningkatkan kesabaran Anda, tapi juga berlaku untuk mengubah dan mengganti perilaku yang tidak mendukung kesuksesan Anda.

Berpikir Positif
Berpikirlah positif tentang diri anda, tentang orang lain, dan tentang hal-hal yang sedang anda lakukan. Biasakan pula untuk berpikir positif dalam menghadapi masa depan, dan cobalah untuk mengambil hikmah dari setiap hal buruk yang terjadi. Jika sikap ini ditanamkan dengan baik, maka anda sudah satu langkah lebih dekat untuk menjadi pribadi yang sabar.

Dengan membiasakan diri berpikir positif, kita akan menjadi lebih optimis dalam menjalani hidup. Hasilnya, kita juga akan memancarkan aura yang positif, yang membuat orang lain merasa senang berada di dekat kita. Hal ini bisa membuat diri anda lebih mudah dalam menjalin relasi dan mendapatkan teman.

iklan hari santri

Biasakan Mencatat dan Menulis
Menulis menjadi cara terbaik untuk mencatat progres dan tujuan serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Menulis merupakan bagian dari terapi diri, biasakan mencatat apa-apa yang menjadi proses dalam mencapai tujuan, karena kesabaran inilah yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

Pencatatan dalam bentuk penulisan jurnal, diary atau pun note biasa akan menjadi terapi kesabaran, sehingga seseorang mengetahui sudah sejauh mana proses tersebut dicapai, serta mengetahui awal proses hingga tujuan yang akan digapai. Tentunya akan menjadi catatan penting di akhir nanti.

Fokus pada Tujuan yang Ingin Dicapai
Poin ini penting, terutama dalam kesabaran yang erat hubungannya dengan keputusan-keputusan penting di masa depan. Ingat, Anda harus selalu berfokus pada tujuan yang ingin dicapai agar tetap pada jalur yang tepat, sehingga keinginan untuk bergerak mundur atau pun ke samping akan mudah untuk dihindari.

Hindari Hal-hal yang Bisa Membuat Bosan
Rasa tidak sabar biasanya datang saat anda melakukan sesuatu yang membosankan, misalkan saat menunggu antrian. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membuat diri anda selalu sibuk sehingga pikiran anda tidak termakan oleh rasa bosan, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan rasa tidak sabar dan juga perasaan bad mood.

Cobalah untuk selalu membawa bacaan atau buku catatan. Ketika saat-saat yang membosankan tiba, buat diri anda sibuk dengan bacaan yang anda bawa, atau sekedar menulis dan mencorat-coret di buku catatan. Hal ini juga bisa membuat anda menjadi seorang individu yang lebih produktif.

Semakin kesabaran terbentuk dengan kuat, Anda akan bisa lebih menikmati hidup, mudah merasa bahagia dan kesuksesan akan terasa semakin mudah. (muslimahzone.com/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.