Salat Jumat Bisa Bikin Pria Makin Tampan, Benarkah?

Avatar of PortalMadura.Com
Salat Jumat Bisa Bikin Pria Makin Tampan, Benarkah?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap hari jumat wajib bagi untuk melaksanakan berjama'ah di masjid. Karena kewajiban salat jumat bagi pria disampaikan oleh Rasulullah dalam sabdanya: “Jum'at itu wajib bagi setiap Muslim dengan berjama'ah, kecuali empat (golongan), yaitu; hamba sahaya, wanita, anak-anak dan orang yang sakit”. (HR. Abu Dawud : 1069).

Berdasarkan hadis tersebut, maka jelas bahwa berjama'ah merupakan syarat salat Jum'at. Selain itu, saat ini banyak meme di media sosial yang menyebutkan bagi pria yang melaksanakan salat jumat akan makin .

Melansir dari berbagai sumber, disebutkan bahwa di antara balasan yang Allah SWT berikan kepada hambanya yang melakukan ketaatan adalah Allah SWT jadikan dia semakin baik, secara lahir maupun batin. Ibnu Abbas menjelaskan pengaruh umum ibadah dan ketaatan, yaitu dapat membuat wajah makin cerah, hati bercahaya, dan rizki bertambah, dan fisik semakin kuat.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah, dunia ini hanya sementara, Allah SWT akan membalas kebaikan dan kejahatan di dua alam, entah di dunia maupun akhirat. Jadi amalan ketaatan tidak dibalas di dunia, bisa jadi Allah SWT akan membalasnya di akhirat.

Jadi, mungkin saja ungkapan salat Jumat itu bikin tampan benar. Wallah hu alam. Sebab, Rasulullah SAW pernah bercerita pada hari Jumat di surga lelaki mukmin makin tampan.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda: “Sungguh di surga ada pasar, yang didatangi penghuni surga setiap Jum'at. Bertiuplah angin dari utara mengenai wajah dan pakaian mereka hingga mereka semakin indah dan tampan. Mereka pulang ke istri-istri mereka dalam keadaan telah bertambah indah dan tampan. Keluarga mereka berkata, ‘Demi Allah, engkau semakin bertambah indah dan tampan.' Mereka pun berkata, ‘Kalian pun semakin bertambah indah dan cantik'” (HR. Muslim 7324).

Maka, meme-meme yang menyebut jika pria salat jumat itu bikin makin tampan tidak perlu dibantah. Hanya saja perlu diluruskan, bahwa tujuan mengerjakan salat Jumat dan ibadah lainnya diniatkan karena Allah SWT untuk mengerjakan amal saleh bukan berharap sesuatu. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.