Samarkan Bekas Jerawat dengan 5 Kandungan Skincare Ini

  • Bagikan
Samarkan Bekas Jerawat dengan 5 Kandungan Skincare Ini
Ilustrasi (Marsha Beauty)

PortalMadura.Com – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang biasanya terjadi pada area wajah. Penyebabnya bermacam-macam seperti, pori-pori besar, jarang membersihkan muka, jenis kulit berminyak dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal ini seseorang harus melakukan berbagai macam perawatan seperti menggunakan skincare.

Selain itu, bekas jerawat juga harus dibersihkan dengan menggunakan skincare. Namun yang perlu diketahui, Anda harus tahu kandungan skincare yang cocok untuk kulit yang berjerawat. Lantas, kandungan skincare seperti apa yang cocok untuk menghilangkan bekas jerawat? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut penjelasannya:

Alpha Arbutin Menawarkan Efek Cerah pada Kulit

Ingatlah, alpha arbutin bisa membantu Anda mengatasi noda bekas jerawat. Perawatan dengan memakai skincare yang mengandung alpha arbutin, maka dapat mengurangi munculnya bintik hitam dan mencegah terbentuknya area pigmentasi baru.

Hal itu karena alpha arbutin mampu menghambat enzim tirosinase yang terlibat dalam produksi melanin. Ini melanin yang bertanggung jawab atas jumlah pigmen di kulit wajah Anda.

Alpha arbutin punya kemampuan memudarkan bekas jerawat yang berwarna merah ungu dan bertahan lama setelah jerawat hilang. Bahkan juga menawarkan efek cerah pada kulit.

Glycolic Acid Mengurangi Tampilan Bekas Luka yang Kasar

Glycolic acid merupakan jenis perawatan yang bisa membantu menyamarkan bekas jerawat. Termasuk cukup efektif untuk mengatasi komedo dan jerawat dari kulit wajah. Penggunaan skincare yang mengandung glycolic acid sendiri secara konsisten juga menghilangkan lesi kistik.

Glycolic acid memiliki kemampuan luar biasa untuk mengelupas kulit dan mengurangi tampilan bekas luka yang kasar atau menonjol. Bahkan menciptakan bekas luka yang lebih halus, rata dan kurang terlihat seiring waktu.

Plus, kandungan pada skincare tersebut bisa memerangi jaringan parut jerawat. Terutama dalam bentuk hiperpigmentasi maupun perubahan warna kulit wajah.

Kojic Acid Digunakan untuk Mengobati Kondisi Kulit

Jika Anda memiliki bekas jerawat, maka dapat diobati melalui produk skincare yang mengandung kojic acid. Cara kerja kojic acid sendiri menghambat dan mencegah pembentukan tirosin, yakni merupakan asam amino yang memproduksi melanin.

Dikutip dari Medicalnewstoday, kojic acid terkadang digunakan dalam produk kesehatan dan kecantikan untuk mencerahkan kulit. Ini juga mengobati kondisi kulit seperti kerusakan akibat sinar matahari, bekas luka dan bintik-bintik penuaan.

Bahwa kojic acid bekerja sebagai agen pencerah melibatkan efek melasma yang terjadi di wajah. Namun Anda juga bisa menggunakan formula produk perawatan kulit dengan kombinasi kojic acid dengan hidrokuinon dan tretinoin.

Niacinamide Merangsang Produksi Kolagen

Biasanya dokter kulit akan memeriksa dan menentukan jenis bekas jerawat yang Anda miliki. Setelah itu, Anda mungkin direkomendasikan melakukan perawatan dengan produk skincare yang mengandung niacinamide.

Manfaat niacinamide sendiri adalah merangsang produksi kolagen dan meningkatkan volume kulit. Bahkan memecah kelebihan melanin, meminimalkan munculnya bintik hitam dan pigmentasi.

Niacinamide merupakan salah satu dari dua bentuk utama vitamin B3 (niacin). Ini sering disebut-sebut untuk membantu mengelola jerawat, rosacea, masalah pigmentasi dan kerutan.

Vitamin C Memiliki Banyak Manfaat untuk Kulit

Vitamin C yang dioleskam secara topikal, ini dapat membantu pengobatan bekas jerawat. Bahwa vitamin C dapat mencegah jerawat, sehingga mencegah jaringan parut di kemudian hari.

Vitamin C mengobati bekas jerawat dengan meningkatkan sintesis kolagen. Ini protein yang bertanggung jawab untuk struktur kulit dan membangun kembali kulit yang sehat. Akhirnya, vitamin C mempercepat penyembuhan luka jerawat.

Bahkan kandungan vitamin C pada skincare juga memiliki banyak manfaat kulit, salah satunya adalah mengurangi munculnya bekas jerawat melalui peningkatan kolagen dan sifat perbaikan kulit. Termasuk memperbaiki warna kulit, mengobati hiperpigmentasi dan melasma.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.