Sampoerna Fasilitasi Dialog Nasional Wirausaha untuk Dorong Kemajuan UMKM di Indonesia

Avatar of hartono
Sampoerna Fasilitasi Dialog Nasional Wirausaha untuk Dorong Kemajuan UMKM di Indonesia
Dokumentasi Acara (Sumber: PT HM Sampoerna Tbk)

PortalMadura.Com – Dalam upaya memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) melaksanakan kegiatan “Dialog Wirausaha” yang digelar di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta pada hari Selasa, 30 April 2024. Acara ini merupakan bagian dari “Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC)”, yang berada di bawah Program Keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia”. Dialog ini juga disiarkan secara daring ke enam , yakni Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan . Tujuan utama adalah untuk memperluas wawasan mengenai pentingnya komunitas dan jaringan dalam mempercepat pertumbuhan pasar wirausaha serta mengumumkan inisiatif baru dalam program “SEMANGAT” (SMEs Market Acceleration & Global Access Tap-in).

Kerjasama dengan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) menandai dimulainya program SEMANGAT yang akan berlangsung hingga Oktober 2024. Program ini menargetkan 2.000 UMKM di Indonesia sebagai penerima manfaat. INOTEK, sebagai inkubator bisnis yang berfokus pada teknologi tepat guna, telah berdiri sejak 17 Januari 2008 dan kini mengambil peran penting dalam pembekalan materi pengembangan kapasitas usaha bagi para peserta.

Upaya ini adalah langkah konkret dalam mendukung visi Indonesia 2045 untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dengan peningkatan kualitas manusia dan pemerataan kesejahteraan rakyat. SEMANGAT bekerja sama dengan beberapa pemerintah provinsi termasuk DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Diharapkan kegiatan ini dapat diikuti oleh 300 peserta, baik secara daring maupun luring.

Christina Agustin, Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengapresiasi inisiatif ini dan menyatakan pentingnya kerjasama yang berkelanjutan dengan pemerintah untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Sementara itu, Ishak Danuningrat dari Sampoerna menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung ekosistem kewirausahaan di Indonesia. Indra Uno, dari Yayasan INOTEK, juga menambahkan bahwa komunitas wirausaha adalah tentang membangun ekosistem yang mendukung dan menginspirasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.