Santer Isu Pilkades Ditunda, Pemkab Sampang Kaji Perbup

Avatar of PortalMadura.com
Santer Isu Pilkades Ditunda, Pemkab Sampang Kaji Perbup
Warga sampang saat melakukan audiensi di DPMD Sampang (Foto: Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sampang – Sejumlah warga Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mempertanyakan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021.

Busiri bersama warga yang lain, melakukan audiensi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang. Mereka sharing tentang rencana Pilkades 2021 dan isu penundaan Pilkades sampai 2025.

“Isu dan kabar yang berkembang, Pilkades serentak akan ditunda pada tahun 2025,” kata koordinator warga, Busiri, Kamis (1/4/2021).

Atas dasar kegelisahan dari masyarakat, pihaknya meminta pemerintah daerah menunjukkan sikap dengan tegas dan memberikan kepastian terkait Pilkades dapat dilaksanakan tahun 2021 atau ditunda pada 2025.

“Jika Pilkades benar-benar ditunda sampai 2025, maka pemerintah daerah harus memberikan alasan yang rasional dan dapat diterima oleh masyakat,” katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, R. Chalilurrachman menyampaikan, draf atau naskah Peraturan Bupati (Perbup) untuk penyelenggaraan Pilkades serentak 2021 sedang dikaji.

Baca Juga:  Oknum Legislator Diduga Aniaya Aktivis Formabes

“Kami masih melakukan kajian pada Perbup pelaksanaan Pilkades. Jika selesai dan ada keputusan final, maka akan disampaikan kepada masyarakat,” terangnya.

Pihaknya mengaku, naskah Perbup pada penyelenggaraan Pilkades yang telah dikaji akan dikonsultasikan terhadap Biro Hukum Provinsi Jawa Timur, guna mendapatkan berbagai pertimbangan dan hal lain yang perlu dipenuhi.

“Pada isi naskah Perbup Pikades, belum ada keputusan yang mengarah untuk menyelenggarakan Pilkades,” imbuhnya.

Menurutnya, rencana penyelenggaraan Pilkades di Sampang, mengacu terhadap Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua atas Permendagri 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa. Khususnya, pada masa pandemi virus corona (Covid-19) dan jaminan keamanan.

Baca Juga:  Kader Gerindra Madura Deklarasi Prabowo Subianto Capres 2024

“Ada pertimbangan juga pada sisi faktor keamanan. Karena karakter Sampang sangat berbeda dengan daerah lain pada umumnya,” tandasnya.

Pilkades seretak 2012, akan diikuti sebanyak 111 desa tersebar dari 14 kecamatan se-Kabupaten Sampang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.