Santoso Terpilih Jadi Ketua IPSI Sumenep Periode 2024-2028

Avatar of PortalMadura.Com
Santoso Terpilih Jadi Ketua IPSI Sumenep Periode 2024-2028
2 dari kiri, Santoso Ketua IPSI Sumenep Periode 2024-2028 (Istimewa)

PortalMadura.Com, – Musyawarah Kabupaten (Muskab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, digelar hari ini, Sabtu (9/3/2024) di salah satu hotel, Jl. Sultan Abdurahman, Kolor, Sumenep.

Terdapat 28 perguruan silat (PS) se-Kabupaten Sumenep yang memiliki hak suara. Namun satu perguruan silat yang izin tidak hadir pada proses Muskab Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumenep dan ditambah satu suara dari unsur IPSI.

Hasil dari proses pemilihan dengan pimpinan sidang H. Asmariyanto MS, bersama Nasir, S.Pd dan H. Ghafur, perwakilan dari perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yakni Santoso, SH terpilih sebagai Ketua periode 2024-2028.

Pria yang juga mantan Kepala Desa Juruan Daya, Kecamatan Batuputih, Sumenep itu, mendulang hingga 16 suara. Pesaingnya, Ketua Perguruan Silat Nasional (PSN) Perisai Putih Cabang Sumenep, Imam Syafi'ie meraih 12 suara.

Usai pemilihan, Santoso menyampaikan terimakasih kepada semua perguruan silat yang ada di Kabupaten Sumenep. “Baik yang memilih (saya) maupun yang tidak, sekarang sudah tidak ada istilah itu. Semuanya adalah satu kesatuan yang kita hormati bersama,” katanya pada portalmadura.com.

Kedepan, kata dia, banyak agenda dan program yang perlu didukung bersama-sama. “Saya mengagendakan, diantaranya, silaturahmi atau pertemuan 4 bulan sekali antar perguruan silat se-Kabupaten Sumenep, sehingga perguruan silat itu semakin dipercaya dan memiliki tempat di hati masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, yang perlu dilakukan adalah revitalisasi manajemen organisasi, bagaimana perguruan silat itu mampu mencetak atlet yang handal. “Semua perguruan silat di Sumenep bagaimana mampu melahirkan pendekar-pendekar yang beretika, memiliki sopan santun dan bermartabat,” katanya.

Menurut Santoso, dari semua agenda atau program IPSI Sumenep yang akan dijalankan bersama bagaimana tercipta sinergitas perguruan silat dengan masyarakat sehingga mampu meningkatkan kepercayaan publik pada masing-masing perguruan silat yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Kita bergerak bersama untuk kebaikan semua perguruan silat yang ada di Sumenep,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.