Sapi Sehat Dapat Jatah Suntik Vaksin Cegah PMK di Sampang

Avatar of PortalMadura.com
Sapi Sehat Dapat Jatah Suntik Vaksin Cegah PMK di Sampang
dok. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep mengunjungi peternak dalam rangka penyuluhan untuk mencegah penularan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) (Kominfo)

PortalMadura.Com, – Hewan ternak sapi di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dapat disuntik vaksin untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku ().

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan KP) Sampang Suyono menyampaikan, pemberian pada sapi ternak harus memenuhi kriteria tertentu.

Kriterianya, kata dia, sapi tetap dalam kondisi sehat. Hewan yang dapat divaksin yaitu sapi tidak terinfeksi PMK di wilayah Kabupaten Sampang.

“Jika satu kandang ada beberapa sapi, dan ditemukan ada salah satu terkena PMK, maka vaksin tidak dapat diberikan kepada sapi di kandang,” ujarnya, Jumat (24/6/2022).

Upaya pemerintah daerah untuk mencegah penularan penyakit pada hewan sapi, pihaknya menyiapkan sekitar 2000 dosis vaksin PMK gratis.

“Langkah kami, mempercepat vaksinasi sapi milik masyarakat. Sapi itu, ada kriteria yang dapat menerima dosis baksin dari pemerintah,” katanya.

Untuk melaksanakan suntik vaksin pada sapi, pihaknya berkoordinasi dengan seluruh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan para Kelompok Tani (Poktan) yang memelihara sapi.

“Para peternak sapi perlu mendaftarkan sapi yang sehat kepada petugas peternakan untuk dilakukan vaksinasi agar terhindar dari penyakit PMK,” lanjutnya.

Suyono mengajak masyarakat yang memelihara hewan ternak sapi, saling mendukung upaya pemberian vaksin supaya sapi terhindar dari penularan PMK.

“Masyarakat dapat antusias dan menyukseskan dengan ketersediaan vaksinasi PMK yang diberikan secara gratis untuk sapi tidak terinfeksi PMK,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.