Satu di Madura, Pemerintah Desa Layani Warga Dengan Digital

Avatar of PortalMadura.com
Satu di Madura, Pemerintah Desa Layani Warga Dengan Digital
H Moh Taufan (Ist)

PortalMadura.Com, – Warga Desa Ba'engas, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur mendapat layanan dengan ().

Layanan Sidedi ini baru pertama diterapkan secara penuh oleh desa di wilayah pulau garam Madura. “Sudah waktunya mengubah sistem lama dengan aplikasi,” kata Kepala Desa Ba'engas, H Moh Taufan, dikutip PortalMadura.Com, Rabu (5/8/2020) dari platform Sidedi dari tautan YouTube.

Satu di Madura, Pemerintah Desa Layani Warga Dengan Digital
ilustrasi

Dari aplikasi tersebut, kata dia, dapat menghasilkan efektifitas pelayanan terhadap masyarakat. Selama ini, untuk mengurus surat-surat saja harus menunggu proses lama. Surat satu belum jadi, surat lain menanti.

“Itu pelayanan manualnya sehingga banyak komplin dari masyarakat. Kehidupan masyarakat sangat majemuk dengan kesibukan masing-masing. Maka, sudah waktunya untuk mengubah sistem lama dengan aplikasi,” ujarnya.

Perancang aplikasi Sidedi, menjelaskan, Sidedi merupakan sebuah platform pelayanan publik yang fokus terhadap pelayanan tingkat pemerintah desa.

Ia menyebutkan, kelebihan dari aplikasi Sidedi, di antaranya layanan sistem antrian terpadu, layanan pembuatan surat mandiri (lebih dari 30 jenis surat), elektronik aduan (e-aduan), publikasi dana desa, grafik kependudukan, website informasi desa, dan lainnya.

Dari berbagai layanan tersebut, pihaknya juga menyediakan paket bundling berupa mesin layanan satu pintu dan aplikasi berbasis mobile (android) yang tersedia di Google Play Store.

Platform pelayanan terpadu yang diciptakan ini bertujuan untuk mempermudah proses administratif, mempercepat pelayanan masyarakat di desa dan sarana publikasi potensi desa.

Pihak Dispendukcapil Bangkalan mengapresiasi pelayanan digital tersebut yang dinilainya seiring dan bagian dari program pemerintah pusat.

“Kami berharap aplikasi ini menjadi contoh bagi desa lain terutama pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan terintegrasi lainnya,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.