oleh

Satu di Madura, Pemerintah Desa Layani Warga Dengan Digital

PortalMadura.Com, Bangkalan – Warga Desa Ba’engas, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur mendapat layanan dengan sisten informasi desa digital (Sidedi).

Layanan Sidedi ini baru pertama diterapkan secara penuh oleh desa di wilayah pulau garam Madura. “Sudah waktunya mengubah sistem lama dengan aplikasi,” kata Kepala Desa Ba’engas, H Moh Taufan, dikutip PortalMadura.Com, Rabu (5/8/2020) dari platform Sidedi dari tautan YouTube.

sidedi
ilustrasi

Dari aplikasi tersebut, kata dia, dapat menghasilkan efektifitas pelayanan terhadap masyarakat. Selama ini, untuk mengurus surat-surat saja harus menunggu proses lama. Surat satu belum jadi, surat lain menanti.

“Itu pelayanan manualnya sehingga banyak komplin dari masyarakat. Kehidupan masyarakat sangat majemuk dengan kesibukan masing-masing. Maka, sudah waktunya untuk mengubah sistem lama dengan aplikasi,” ujarnya.

Perancang aplikasi Sidedi, Asadullohil Ghalib Asbat menjelaskan, Sidedi merupakan sebuah platform pelayanan publik yang fokus terhadap pelayanan tingkat pemerintah desa.

Ia menyebutkan, kelebihan dari aplikasi Sidedi, di antaranya layanan sistem antrian terpadu, layanan pembuatan surat mandiri (lebih dari 30 jenis surat), elektronik aduan (e-aduan), publikasi dana desa, grafik kependudukan, website informasi desa, dan lainnya.

Dari berbagai layanan tersebut, pihaknya juga menyediakan paket bundling berupa mesin layanan satu pintu dan aplikasi berbasis mobile (android) yang tersedia di Google Play Store.

Platform pelayanan terpadu yang diciptakan ini bertujuan untuk mempermudah proses administratif, mempercepat pelayanan masyarakat di desa dan sarana publikasi potensi desa.

Pihak Dispendukcapil Bangkalan mengapresiasi pelayanan digital tersebut yang dinilainya seiring dan bagian dari program pemerintah pusat.

“Kami berharap aplikasi ini menjadi contoh bagi desa lain terutama pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan terintegrasi lainnya,” katanya.(*)

Penulis : Raudatul Fitrah
Editor : Oktaviana Dwi KK
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE