oleh

Satu Kompi Brimob Polda Jatim Dikirim ke Kangean

PortalMadura.Com, Sumenep – Satu Kompi Brimob Polda Jawa Timur diberangkatkan ke Pulau Kangean, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (28/8/14).

Pasukan berpakaian hitam itu untuk mengamankan pasca aksi pelemparan Kantor Polsek dan Rumah Dinas Kapolsek Arjasa (Pulau Kangean), Kecamatan Arjasa, oleh warga, Rabu (27/8/2014).

“Selain Brimob, Kapolres juga turun langsung kesana, dengan menggunakan Kapal Ekspress 3C Bahari,” kata Kapolda Jawa Timur, Irjen Polisi Unggung Cahyono,  di Sumenep.

Menurut dia, polisi yang diberangkatkan itu juga melakukan pendekatan pada tokoh masyarakat.

“Anggota dan Kapolsek yang pernah bertugas di Kangean juga kami tugaskan untuk melakukan pendekatan pada masyarakat,” terangnya.

iklan hari santri

Sebelumnya, warga kepulauan/kecamatan Arjasa merusak kantor Polsek dan rumah dinas Kapolsek setempat. Kemarahan warga berawal saat aparat keamanan berusaha menghentikan paksa pagelaran “Lu’ Gellu’an” (seperti permainan gulat), yang merupakan rangkaian kegiatan Agustusan.

Polisi berdalih, acara terpaksa dihentikan karena ijinnya hanya dua hari. Tapi, acara tetap digelar hingga tiga hari oleh panitia. Versi warga, saat menghentikan acara, petugas merampas alat musik tradisional berupa saronen. Kemudian ada pemain yang ditendang oleh petugas.

Warga pun spontan melakukan perlawanan dengan cara melempari kantor polsek dan rumah dinas Kapolsek yang bersebelahan. Akibatnya, parabola, pintu, dan kaca bagian depan pecah.(arif/nia)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.