oleh

SDT2Q Sumenep Rayakan Tahun Baru Islam dengan Pawai Taaruf

PortalMadura.Com, Sumenep – Siswa-siswi Sekolah Dasar Tahsin-Tahfiz Quran (SDT2Q) Ihsan Permata Mulia merayakan tahun baru Islam 1441 H dengan menggelar pawai taaruf mengelilingi kompleks Perumahan Satelit Permai, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (7/9/2019).

Kegiatan tersebut diikuti 54 siswa terdiri dari kelas 1 dan 2. Mereka berkeliling mengenakan pakaian serba putih sambil membawa payung hias dan tongkat kayu bertuliskan Asma-asma Allah.

Dengan dipandu seorang guru dan beberapa pendamping, mereka menyusuri kompleks sambil membaca selawat nabi.

Kepala SDT2Q, Subriyatin Nikmah menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan, namun kali ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di luar ruangan.

Selain memperingati tahun baru 1 Muharram, juga untuk memperkenalkan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang SDT2Q.

“Kami sengaja memilih kegiatan di luar dan mengelilingi daerah sekitar sekolah agar mereka tahu keberadaan SDT2Q. Dan saya lihat tadi sepanjang jalan ada warga sekitar yang tanya-tanya kepada anak-anak,” katanya.

Sebelumnya, momen satu Muharram dilakukan di dalam sekolah dengan mendatangkan pendongeng dari luar untuk menceritakan perjalanan Rasulullah SAW di bulan Muharram.

Pihaknya berharap, selain menambah kecintaan dan pengetahuan tentang Islam, mereka juga bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Loading...

“Kegiatan ini sekaligus mengajak mereka bersosialisasi dengan lingkungan sekitar,” katanya.

SDT2Q Ihsan Permata Mulia merupakan sekolah dasar Islam yang menanamkan cinta Alquran pada anak. Prinsip ini kemudian yang menjadi dasar untuk siswa-siswi memenuhi target menghafal Alquran minimal 20 juz selama lima tahun sekolah.

Selain itu, agenda rutin dari sekolah ini yakni mengadakan Tasmi’ Qur’an atau uji publik para siswa untuk menghafal Alquran di depan umum atau orang tua.

Kegiatan ini rutin diadakan setiap bulan dan perayaan hari besar Islam seperti maulid Nabi SAW.

SDT2Q beralamat di Jl. Angkasa Barat, Perum Satelit Permai, Kolor, Kabupaten Sumenep. (*)

Baca Juga : 


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Nurul Hijriyah
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar