Se-Madura, Jumlah Penyandang Disabilitas Terbanyak di Sumenep

  • Bagikan
index 3
ilustrasi

PortalMadura.Com, Pamekasan – Jumlah penyandang disabilitas se Madura ternyata terbanyak berada di Kabupaten Sumenep dengan jumlah sekitar 1.000 orang. Sementara tiga kabupaten lain hanya berada di angka ratusan.

Koordinator Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) wilayah Madura, Iwan Hariyanto mengatakan, data sementara yang kini dikantongi untuk Kabupaten Sumenep  mencapai 1.000 orang, Pamekasan 130 orang, Sampang 100 orang dan Kabupaten Bangkalan sekitar 200 orang.

“Tapi jumlah itu masih sementara, pastinya akan terus bertambah karena pendataan yang kami lakukan belum selesai. Misalnya Kabupaten Pamekasan masih terdapat di 6 kecamatan dari 13 kecamatan,” ungkapnya, Selasa (14/6/2016).

Dikatakan, pihaknya berencana akan melakukan audiensi dengan presiden RI apabila data di empat kabupaten di Madura sudah rampung. Hal itu untuk menyampaikan keluh kesah nasib para penyandang disabilitas yang selama ini minim perhatian pemerintah.

Adapun jumlah penyangdang cacat yang sudah terdata sekarang meliputi tuna netra, tuna daksa, tuna rungu, tuna wicara dan tuna grahita dengan jumlah sementara sebanyak 1.330 orang.

“Kami ingin mereka bisa berkarya meskipun mempunyai keterbatasan secara fisik. Dan kami tidak inginkan sampai dikirim ke Sumatera misalnya untuk mengemis, tetapi mereka diharapkan bisa menggali potensi diri,” pungkasnya.

Dia berharap, pemerintah bisa meningkatkan perhatian kepada para penyandang disabilitas dengan cara memberikan fasilitas keterampilan dan lain-lain. Karena selama ini, untuk mendapat perhatian pemerintah harus berjuang memeras keringat terlebih dahulu. (Marzukiy/choir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.