Sebal dengan Rambut Beruban? 5 Daun Ini Ampuh Atasinya

Avatar of PortalMadura.Com
Sebal dengan Rambut Beruban? 5 Daun Ini Ampuh Atasinya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring bertambahnya usia, biasanya di ikuti dengan perubahan-perubahan tertentu pada tubuh seseorang. Salah satunya adalah tumbuhnya pada rambut kepala.

Bagi sebagian orang, uban memang merupakan hal yang biasa atau wajar terjadi kepada usia yang semakin menua. Akan tetapi tak jarang juga di usia muda banyak orang yang mulai tumbuh uban di rambutnya.

Jika hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin Anda akan merasa malu dalam berpenampilan dan buru-buru untuk menutupinya dengan berbagai cara. Misalnya dengan menyemir rambut menjadi hitam, menggunakan perawatan rambut atau hal lainnya.

Tapi, tahukah Anda bahwa daun-daun yang ada di sekitar rumah ternyata ada beberapa yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah uban. Selain bisa menjadikan rambut lebih sehat, daun tersebut juga bisa menghitamkan rambut beruban secara alami lho. Nah, Anda penasaran apa saja daun-daun itu? Simak berikut ini:

Daun Kari
Daun Kari juga disebut dengan daun Salam Koja. Bahan alami ini bisa diracik menjadi ramuan penghilang rambut beruban yang datang di usia muda. Kegunaannya memang diketahui selama berabad-abad untuk menunjang kesehatan rambut, seperti : merangsang pertumbuhan rambut, memperbaiki akar rambut, meremajakan folikel rambut dan sebagainya.

Kandungan Salam Koja cukup efektif menghitamkan rambut, dikarenakan adanya unsur-unsur alami yaitu : Vitamin B kompleks, Zat besi, Selenium dan lainnya. Semua kandungan itu mampu berperan mengembalikan Melanin rambut yang mulai menipis. Lantas bagaimana cara pengolahan daun kari untuk menghitamkan rambut ubanan…?

Cara membuatnya, Anda cukup menyediakan 15 – 20 helai daun kari yang sudah dihaluskan, tuangkan ke dalam wadah kecil mangkuk, lalu masukkan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Kemudian aduklah kedua bahan sampai warnanya berubah sedikit menghitam dan diamkan sampai ramuan dingin, lalu siap digunakan.

Penggunannya, oleskan ramuan daun kari ke rambut kepala secara merata, sampai pada bagian kulit kepala. Diamkan semalaman kemudian basuhlah rambut sampai bersih. Terapkan selama dua kali dalam seminggu secara rutin dan teratur.

Lidah Buaya
Lidah buaya merupakan daun yang populer di Nusantara. Di mana bahan alami ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Terlebih bagian gel lidah buaya bisa diterapkan untuk menghilangkan uban yang bermunculan di usia muda. Seperti diketahui, bahwa kandungan Asam amino dalam Aloe vera kerap digunakan untuk memperkuat rambut, dan menjadikannya tampak berkilau. Begitu juga Vitamin dan Mineral di dalamnya sangat membantu guna mengembalikan pigmen rambut yang menipis.

Cara menggunakan lidah buaya ini tidaklah sulit, ambil gel lidah buaya secukupnya, kemudian jadikan pasta untuk dioleskan ke bagian rambut secara menyeluruh. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

Daun Jambu Biji
Daun jambu biji diperkaya dengan Vitamin C, yakni berguna menyuplai rambut agar tumbuh lebih cepat dan sehat. Demikian pula sifat Antioksidan di dalamnya mampu menghindarkan rambut dari kerusakan, layaknya rambut rontok dan uban prematur.

Caranya, Anda bisa mengambil beberapa helai daun jambu biji untuk dilembutkan dengan sedikit air, kemudian menjadikannya pasta. Terapkan pasta daun Jambu biji pada rambut sampai kulit kepala secara merata. Sambil mengiringinya dengan pijitan lembut, lalu mendiamkannya selama satu jam. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu sampai pigmen rambun dapat dipulihkan kembali.

Daun Sage
Jenis dedaunan ini merupakan satu unsur penting untuk mengembalikan melanin rambut yang mulai menipis. Jenis dedaunan ini dikenal efektif untuk menghitamkan rambut yang berwarna abu-abu. Oleh sebab itu, tidak salah jika memilihnya untuk menghilangkan uban yang tumbuh sejak dini.

Cara mengolahnya, siapkan satu genggam daun sage kering, kemudian rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air. Tunggu airnya sampai mendidih dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya saringlah airnya untuk dibuat keramas, serta membalurkannya ke rambut secara merata.

Selama proses pembaluran air daun sage ke bagian rambut kepala, jangan langsung dibilas. Tunggu sampai beberapa menit kemudian, barulah dibilas dengan air hingga bersih. Terapkan sebanyak dua kali seminggu sampai rambut mulai menghitam kembali.

Daun Kembang Sepatu
Jenis daun ini mengandung zat pigmen alami sehingga mampu menghitamkan kembali rambut beruban. Daun kembang sepatu biasanya mudah ditemukan di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Karena kecantikan warna bunganya, menjadikan kembang sepatu kerap dipelihara oleh sebagian besar orang.

Caranya, siapkan 10 lembar daun bunga sepatu, bila perlu campurkan dengan bunga dari tanaman ini. Tumbuk halus hingga daun mengeluarkan lendir-lendir. Oleskan lendir yang dihasilkan daun tersebut ke bagian rambut kepala. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas rambut Anda sampai bersih. Lakukan secara berkala agar bisa mendapatkan hasil maksimal dalam menghitamkan kembali rambut anda. (ucweb.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.