oleh

Sebelum Beli Motor Baru, Perhatikan 6 Hal Ini

PortalMadura.Com – Membeli sepeda motor baru di momen tahun baru 2021 banyak dilakukan masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk merayakan dan mensyukuri nikmat pergantian tahun.

Namun yang paling penting ketika akan membeli sepeda motor baru, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut penjelasanya:

Selamat Ibadah Puasa

Kebutuhan

Pikirkan kembali apakah penggunaan motor untuk keperluan sehari-hari seperti bekerja, berbelanja ke pasar, antar jemput anak, sekolah, berkomunitas atau bahkan hobi. Untuk Kebutuhan sehari-hari bisa memilih fungsional. Artinya lebih mengutamakan fungsi, praktis dan irit tentunya.

Sedagkan komunitas atau hobi bisa disesuaikan dengan kegemaran terhadap motor berkemampuan khusus atau bentuk yang khas.

Kondisi Jalan

Perhatikan juga kondisi jalan yang dilalui sehari-hari. Misalnya jalan dalam atau luar kota, jalanan sempit atau lebar dan melewati jalanan macet. Hal ini menentukan profil ban, kehandalan suspensi, ketinggian motor dari tanah.

Dimensi Motor

Dimensi motor juga menentukan kemudahan dan kepraktisan, yang dihubungkan dengan kepadatan di jalan dan ruang yang selalui dilalui. Sangat berhubungan dengan kemudahan dan praktis.

Biaya Operasional

Kemampuan jarak jelajah motor, kapasitas tangki dan nilai ekonomisnya operasional motor, ini penting untuk memilih motor karena alasan fungsional. Alasan kompetisi atau hobi tidak masalah dengan hal ini.

Fitur Pendukung

Fitur motor juga penting untuk kebutuhan yang diperlukan. Keunggulan fitur misalnya mempermudah berkendara dan menunjang aktivias sehari-hari. Misalnya rem yang mumpuni atau punya performa pengereman yang baik, rangka yang rigid dan mudah bermanuver.

Kemampuan Motor

Terakhir jangan lupakan kehandalan motor. Sebab kemampuan motor berhubungan dengan manuver dan kelincahan, dimana dimensi, berat dan karakter mesin sangat berpengaruh.

Makin besar dimensi motor, kapasitas mesin dan tinggi kendaraan pasti membutuhkan kemahiran yang lebih untuk mengendalikan sepeda motor agar tetap aman dan nyaman.

Dari sudut pandang safety riding, motor yang seusai dengan tinggi pengendara dan ergonomis (postur) adalah yang disarankan.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Liputan6.Com

Komentar