Sebelum Dipakai, Lakukan 4 Hal Ini Setelah Beli Ponsel Android Baru

Avatar of PortalMadura.Com
Sebelum Dipakai, Lakukan 4 Hal Ini Setelah Beli Ponsel Android Baru
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki ponsel baru tentu membuat setiap orang jadi tidak sabar ingin menjajalnya. Apalagi di momen akhir tahun ini, sebagian orang sering kali memanfaatkan untuk membeli perangkat baru, tidak terkecuali smartphone.

Oleh karena itu, bagi pemilik perangkat Android baru, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum memanfaatkan perangkat sepenuhnya.

Berikut empat langkah yang dapat membantu Anda untuk memastikan segala hal telah di-backup dan terlindungi saat membeli Android baru:

Atur Kunci Layar dan Keamanan Via Pemindai Sidik Jari
Saat ini, mengamankan smartphone menjadi salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan. Tidak hanya percakapan pesan teks pada perangkat, tapi Anda juga memiliki akun email dan data rahasia penting lain yang tersimpan pada perangkat tersebut.

Untuk mengamankan perangkat Android, Anda dapat mengakses menu Settings, opsi Security, pilih Screen Lock, masukan password, PIN, atau pola.

Anda juga dapat memanfaatkan sensor pemindai sidik jari dengan memilih opsi keamanan via sidik jari sebagai pengganti Screen Lock. Kemudian, memasukan keamanan kunci layar serta ketuk Add fingerprint, dan mengikuti instruksi.

Unduh Aplikasi
Untuk mengunduh aplikasi yang diinginkan, Anda dapat mengakses dan mengunduhnya dari toko aplikasi Google Play Store. Pada toko aplikasi ini, Anda dapat mengunduh hampir seluruh aplikasi yang diinginkan.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk membeli konten film, acara TV, musik, buku dan majalah.

Backup Foto dan Atur Perangkat
Memiliki perangkat baru tidak berarti Anda dapat melupakan proses backup sebagai langkah pengamanan. Untuk melakukan backup, Anda dapat mengakses menu Settings, Backup & Reset, pilih Backup dan pastikan memilih akun terkait yang sesuai dengan backup.

Anda juga dapat memanfaatkan Google Photos untuk melakukan backup foto dan video yang Anda potret dan rekam. Dengan ini, Anda dapat mengakses foto dan video dari manapun, serta dapat menghapus foto dari memori perangkat untuk memperingan beban.

Organisasi Home Screen
Salah satu kelebihan smartphone Android adalah kemampuan mengostumisasikan home screen. Hal ini memungkinkan Anda menambahkan shortcut aplikasi, dengan membuka launcher aplikasi, menemukan aplikasi yang diinginkan, menekan aplikasi selama beberapa saat hingga home screen muncul, dan pindahkan aplikasi ke lokasi yang diinginkan.

Untuk menambahkan widget, Anda hanya perlu menekan area kosong pada home screen selama beberapa saat. Ketuk tombol Widget pada bagian bawah atau atas layar, pilih widget yang diinginkan, dan tekan selama beberapa saat hingga kembali ke home screen serta pindahkan ke lokasi yang diinginkan.

Sementara itu, untuk mengatur posisi aplikasi, Anda perlu menekan shortcut selama beberapa saat. Setelah antarmuka sedikit berubah, sembari tetap menekan layar, pindahkan shortcut atau widget ke lokasi yang diinginkan. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.