oleh

Sebelum Resign, Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan

PortalMadura.Com – Banyak alasan yang bisa diajukan untuk resign dari pekerjaan yang digeluti selama ini, seperti pekerjaan yang kurang cocok, ingin mencari pengalaman baru dan lain sebagainya. Hal itu wajar terjadi pada sebagian orang.

Namun yang perlu diketahui, sebelum mengajukan surat pengunduran diri, Anda harus menyiapkan beberapa hal agar Anda merasa tenang ketika belum dapat pekerjaan baru. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (10/12/2019) dari laman merdeka.com yang dikutip dari beberapa sumber.

Berikut beberapa hal yang wajib dilakukan sebelum resign:

Pastikan Anda Bisa ‘Bertahan Hidup’ Setidaknya Sampai Setahun ke Depan

Kadang ada orang yang berniat resign untuk menikmati waktu luang terlebih dahulu atau demi alasan kesehatan. Ada juga yang memutuskan resign sebelum mendapatkan pekerjaan baru. Apapun alasannya, pastikan Anda sudah menyiapkan tabungan yang cukup digunakan untuk membiayai hidup setidaknya selama setahun ke depan.

Perbarui Resume

Perbarui atau buatlah resume baru. Setidaknya ini bisa jadi bekal bila Anda ingin mencari pekerjaan baru. Selain itu, di sini Anda bisa merangkum berbagai potensi terbaik Anda selama bekerja. Sehingga ke depannya Anda bisa lebih percaya diri dalam mencoba hal baru.

Loading...

Baca Juga: Warga Sidoarjo Ditemukan Tewas di Hotel Wijaya 1 Sumenep

Cari Mentor Jika Ingin Berbisnis Sendiri

Jika ingin mencoba membangun usaha sendiri, sebaiknya Anda sudah memiliki mentor atau sosok yang bisa dimintai nasihat atau pertimbangan dalam hal ini.

Jika ingin memulai karier baru di bidang berbeda, usahakan sudah ada orang yang bisa Anda jadikan panutan. Menemukan dan memiliki mentor ini perlu dilakukan supaya ke depannya bisa lebih mudah menentukan arah.

Selesaikan Sisa Pekerjaan Seoptimal Mungkin

Karena sudah mengajukan surat resign, bukan berarti Anda bisa bersikap cuek dan masa bodoh dengan sisa pekerjaan yang perlu dikerjakan. Tetap lakukan pekerjaan Anda sebaik dan seoptimal mungkin.

Beri kesan terbaik pada perusahaan dan atasan Anda. Ketika hari pertama kerja Anda melakukannya dengan baik, maka hari terakhir kerja juga perlu dijalani dengan baik.

Jaga Hubungan Baik dengan Klien dan Kolega

Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Penting untuk tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang pernah berkomunikasi dan bekerja sama dengan Anda. Bila perlu, luangkan waktu khusus untuk berpamitan baik-baik dengan rekan kerja dan klien.

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan sebelum Anda mengajukan permohonan resign.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE