Sebelum Terlambat, Kenali Penyebab Penyakit Sipilis dan Gejalanya

Avatar of PortalMadura.com
Sebelum Terlambat, Kenali Penyebab Penyakit Sipilis dan Gejalanya
Ilustrasi (hellosehat.com)

PortalMadura.Com merupakan salah satu jenis infeksi penyakit menular seksual akibat kehadiran bakteri yang disebut Treponemapallidum. Penyakit yang dikenal dengan sebutan Raja Singa ini menyebar dari orang ke orang lain melalui kulit atau selaput lendir yang memiliki kontak dengan luka tersebut.

Biasanya, penyakit ini ditandai dengan rasa sakit yang luar biasa pada alat kelamin, rektum atau mulut. Selain itu, sipilis juga bisa dideteksi dari adanya luka kecil tanpa rasa sakit di organ kelamin, anus, puting susu atau bahkan di dalam rongga mulut. Luka kecil ini disebut sebagai chancre dan seringkali tidak terlihat, sehingga penyakit sipilis pun terjadi selama bertahun-tahun tanpa disadari.

Penyakit sipilis ini bisa sangat mengerikan jika sudah menjalar terutama di bagian bibir dan lidah. Bila tidak segera diobati, penyakit sipilis dapat mengakibatkan kerusakan pada organ-organ tubuh seperti jantung dan otak. Penularan penyakit sipilis terjadi ketika ada interaksi seksual, baik ‘seks' biasa maupun ‘seks' oral. Penyakit sipilis tidak dapat menulari orang lain melalui penggunaan barang-barang bersama atau pertukaran air liur.

Berikut rangkum tentang penyakit sipilis yang wajib Anda ketahui:

Tahapan Penyakit Sipilis
Sipilis Primer
Penyakit sipilis primer, terjadi sesaat setelah infeksi bakteri. Diawali dengan luka chancre yang dapat muncul pada kelamin atau di dalam mulut, tegantung pada di mana pertama kali bakteri memasuki tubuh. Biasanya, chancre akan muncul sekitar tiga minggu setelah infeksi terjadi dan akan tetap ada hingga dua sampai enam minggu kemudian.

Sipilis Sekunder
Penyakit sipilis sekunder merupakan tahapan kedua dari penyakit ini. Penderita sipilis mungkin mulai mengalami ruam di kulit dan rasa sakit di tenggorokan. Ruam ini tidak terasa gatal dan kebanyakan akan muncul di area telapak tangan dan telapak kaki. Biasanya, ruam ini tidak disadari kemunculannya.

Selain ruam, penderita akan merasakan beberapa gejala seperti sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening, rasa lelah, demam, penyusutan bobot tubuh, kerontokan rambut serta rasa ngilu pada persendian. Gejala-gejala ini dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun sebaiknya pengobatan tetap dilakukan untuk menghentikan infeksi.

Sipilis Laten
Fase ketiga sipilis adalah penyakit sipilis laten atau fase tersembunyi. Biasanya tidak menimbulkan gejala apapun, padahal Anda dalam kondisi aktif menderita sipilis. Pada fase ketiga ini, gejala fase kedua dapat muncul kembali atau penderita akan berada pada fase nonaktif ini selama bertahun-tahun sebelum berlanjut ke fase terakhir.

Sipilis Tertiary
Fase terakhir dari penyakit sipilis adalah fase tertiary yang pasti dialami oleh orang yang tidak menjalani pengobatan apapun untuk kondisinya. Kondisi sipilis yang paling serius ini dapat menyebabkan kebutaan, hilangnya indera pendengaran, penyakit mental, hilang ingatan, rusaknya jaringan lunak dan tulang. Atau menderita penyakit saraf seperti stroke atau meningitis infeksi neuro sipilis atau infeksi saraf tulang belakang atau otak, penyakit jantung, bahkan kematian.


Ada beberapa hal yang dapat membuat Anda terjangkit penyakit sipilis atau Raja Singa ini, di antaranya:

1. Penyakit sipilis adalah bakteri yang disebut Treponema pallidum. Penularan yang paling umum terjadi melalui kontak dengan orang yang terinfeksi selama aktivitas seksual.

2. Treponema pallidum juga dapat memasuki tubuh melalui luka kecil atau lecet di kulit atau selaput lendir.

3. Penyakit sipilis juga dapat menyebar melalui aktivitas seperti berciuman atau melalui ibu yang terinfeksi kepada bayinya selama masa kehamilan atau persalinan.

4. Namun, penyakit sipilis tidak dapat menyebar melalui penggunaan toilet yang sama, bak mandi, pakaian, peralatan makan, gagang pintu, kolam renang atau kolam air panas.

5. Setelah sembuh, sipilis biasanya tidak akan kambuh lagi. Namun, Anda dapat terinfeksi kembali jika memiliki kontak dengan seseorang yang terjangkit penyakit tersebut.


Orang yang terjangkit penyakit sipilis ini mungkin akan menemukan tanda-tanda berikut:

a. Selangkangan
Bisul yang terasa menyakitkan, luka, borok, atau pertumbuhan kutil, terutama pada alat kelamin

b. Kulit
Ruam, benjolan kecil, atau borok

c. Seluruh Tubuh
Kelelahan, demam, atau malaise

d. Sebagian orang juga menemukan tanda-tanda seperti infeksi, gatal, sariawan, ruam pada telapak tangan dan kaki, sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, rasa sakit pada vagina, penurunan berat badan, atau radang selaput dubur.

Baca Juga : Cara Mengobati Sipilis Secara Alami Tanpa Harus ke Dokter

Pengobatan Penyakit Sipilis
Pengobatan sipilis tergantung pada tahapan penyakit. Biasanya tahapan pertama yaitu cukup mudah untuk disembuhkan dengan antibiotik, baik dengan cara disuntik atau diminum. Jika Anda berada dalam tahap 2 dan tahap 3 penyakit ini, maka akan diberikan antibiotik untuk waktu yang lama.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.