oleh

Segudang Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Hampir semua orang menyukai es cincau. Segar dan nikmat. Namun, apakah Anda tahu bahan pembuat cincau? Cincau terbuat dari olahan daun cincau hijau. Tanaman cincau hijau merupakan tanaman merambat yang memiliki daun berwarna hijau pucat dan mempunyai rambut-rambut halus di permukaannya.

Daun cincau bisa kita temukan dengan mudah karena umummnya dapat tumbuh secara liar di pekarangan rumah. Namun tahukah Anda jika daun cincau sering dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit, yuk simak di bawah ini.

Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan Tubuh

1. Obat Anti Inflamasi
Cincau mengandung zat klorofil cukup besar pada daunnya. Zat ini dapat meredakan peradangan yang terjadi akibat bakteri atau kuman pada bagian tertentu. Untuk manfaat ini, daun cincau dapat ditumbuk dan diberi sedikit garam kemudian dioles pada bagian yang sakit 3 kali sehari.

2. Obat Demam
Daun cincau mengandung saponin dan manfaat antioksidan yang berperan untuk menurunkan demam. Minum air rebusa cincau setelah air disaring dua kali sehari.

3. Obat Diabetes Mellitus
Daun cincau memiliki kandungan senyawa berupa bisbenzilsokuinolin dan klorofil yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut kemudian akan memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam mengatur kadar gula darah. Jika mengkonsumsi air rebusan daun cincau ini secara teratur, sebanyak 200 ml 2 kali sehari.

4. Obat Radang Lambung
Kandungan vitamin C dan manfaat antioksidan dalam daun cincau akan membantu klorofil untuk mengatasi radang lambung yang dialami oleh seseorang yang memiliki kelainan pada asam lambungnya. Senyawa-senyawa tersebut, akan menguatkan otot dinding lambung untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit pada lambung. Untuk mengobati radang lambung, dapat mengkonsumsi rebusan daun cincau sebayak 2 kali sehari.

5. Obat Penyakit Hipertensi
Senyawa S-S tetandrin juga bermanfaat untuk mengobati hipertensi. Senyawa ini dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga darah akan mengalir lebih lancar. Sistem peredaran darah yang lancar, akan mengatasi tekanan darah yang semula tinggi dan kembali normal. Untuk mengobati darah tinggi, daun cincau baik dikonsumsi 3x seminggu.

6. Obat Keracunan Akibat Seafood
Manfaat makanan laut memang sangat baik untuk tubuh, namun makanan seperti udang dan cumi dapat menimbulkan keracunan. Senyawa antioksidan di daun cincau dapat membantu orang yang mengalami keracunan seafood. Cara menggunakan daun cincau sebagai obat keracunan, remas 5-10 lembar daun cincau hingga air yang dihasilkan berwarna hijau. Kemudian minum ramuan ini dengan menggunakan gula jawa.

7. Obat Sakit Tipes
Senyawa tokoferol, mineral fosfor dan antioksidan dari daun cincau dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh bagi yang menderita penyakit tipes. Konsumsi rebusan daun cincau ini, sebanyak 3 kali sehari.
Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan Lainnya
sponsored links

8. Mengatasi Permasalahan Otot
Senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida dari daun cincau membantu mengatasi permasalahan otot seperti otot kaku, pegal dan nyeri. Serta membantu proses peregangan otot saat dioleskan sebagai salep atau diminum dalam bentuk rebusan.

9. Efektif untuk Kanker
Manfaat daun cincau memiliki senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin yang berfungsi untuk mematikan sel tumor yang akan menjadi sel kanker. Selain itu, kedua senyawa tersebut dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita ketika kita dikonsumsi, setelah mengolahnya terlebih dahulu menjadi rebusan atau agar-agar.

10. Mematikan Sel Tumor
Senyawa isokandrodendrin akan mematikan sel tumor yang menyerang organ tertentu seperti ginjal, lambung, dan hati. Daun cincau dapat dikonsumsi dalam bentuk agar, air rebusan, atau serbuk sebanyak 3x sehari sebagai obat anti tumor.

11. Mengatasi Diare
Senyawa alkaloid pada daun cincau mengandung manfaat vitamin C dan manfaat vitamin B yang dapat mengatasi diare setelah dikonsumsi secara teratur sebanyak 3 kali sehari. Senyawa alkaloid akan membantu membunuh kuman penyakit yang terdapat dalam makanan dan meningkatkan penyerapan sari makanan di dalam tubuh.

12. Pencegah Osteoporosis
Kandungan mineral magnesium, kalsium dan fosfor yang cukup tinggi dalam daun cincau bermanfaat untuk regenerasi sel-sel tulang yang sudah keropos. Kandungan yang bermanfaat ini, untuk memberi nutrisi tulang dalam pembentukan sel-sel darah yang rusak. Dengan demikian kesehatan tulang meskipun mencapai usia tua dapat lebih terjaga.

Semoga ulasan diatas memberikan ilmu pengetahuan bagi Anda yang sedang membutuhkan, Selamat Mencoba…

Rewriter: Muhammad Zakariya
-
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE