oleh

Segudang Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Daun yang satu ini biasa disajikan bersama irisan ketimun, daun kubis, serta sambal untuk disantap bersama ikan goreng ataupun ayam goreng. Selain segar saat dikonsumsi, ternyata daun kemangi juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia.

Beberapa manfaat daun kemangi yang berguna bagi tubuh:

Menjaga Kesehatan Mata
Daun kemangi mengandung vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata. Cara mengkonsumsinya adalah dalam bentuk minuman atau dapat juga dimakan mentah bersama nasi.

Meskipun vitamin A yang terkandung dalam daun kemangi tidak sebanyak vitamin A dalam wortel, namun jumlah tersebut masih cukup untuk menjaga kesehatan mata.

Demam dan Meriang
Daun kemangi ini juga dapat membantu mencegah demam berdarah dan malaria. Pada kasus demam yang tinggi, Anda bisa menggunakan daun kemangi dengan bubuk kapulaga direbus bersama setengah liter air, Anda bisa mencampurkan dengan gula atau susu.

Sakit Tenggorokan
Untuk mengobati sakit tenggorokan Anda dapat merebus daun kemangi atau menjadikannya obat kumur yang digunakan dua kali sehari.

Melawan Menopouse Dini
Daun kemangi merupakan daun yang mengandung zat triptofan yang mampu menghambat datangnya menopouse. Karena itulah, jika Anda ingin agar lebih lambat mengalami menopouse konsumsilah daun kemangi setiap hari.

Selain itu, zat triptofan dalam daun kemangi juga mampu menghambat terbentuknya keriput pada kulit dan juga mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih cantik dan sehat.

Meringankan Batu Ginjal
Manfaat lain yang dihasilkan dari daun kemangi adalah membantu Anda dalam meringankan gangguan ginjal. Anda dapat membuat jus daun kemangi dengan campuran madu, Anda dapat meminum secara teratur selama 6 bulan untuk mengurangi gangguan batu ginjal secara alami.

Mengobati Batuk dan Pilek
Daun yang kerap dijadikan lalapan ini mengandung zat yang mampu menjauhkan bakteri penyebab batuk dan pilek. Manfaat tersebut dapat Anda dapatkan dengan meminum wedang kemangi saat hangat ketika musim dingin.

Selain dapat mengobati batuk pilek, daun kemangi juga mampu menghangatkan tubuh sehingga tubuh dapat terasa nyaman.

Infeksi Mulut
Daun kemangi akan membantu dalam meminimalisir infeksi di mulut. Anda dapat mengunyah beberapa lembar daun kemangi untuk menyembuhkan kondisi ini.

Meringankan Sakit Kepala
Rebusan daun kemangi dapat meringankan gangguan sakit kepala. Cara mudah, yaitu Anda dapat menumbuk daun kemangi dicampurkan dengan daun cendana dan dapat dikompreskan di bagian dahi atau area kepala yang sakit.

Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat terakhir dari tanaman ini adalah sebagai obat penjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan daun kemangi mengandung betakaroten dan magnesium yang sangat tinggi.

Tak heran jika dengan mengkonsumsi daun kemangi, jantung Anda akan tetap terjaga kesehatannya. Anda dapat mengkonsumsi daun kemangi dalam bentuk daun asli atau sebagai minuman hangat.
(Pm/Salimah)


Komentar