oleh

Sejak Januari 2018, 69 Warga Sumenep Terjangkit HIV

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 69 warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terdeteksi positif menderita penyakit Human Immunodeficieny Virus (HIV).

“Ini terhitung sejak Januari hingga Agustus 2018. Penderita menular itu tersebar di sejumlah Kecamatan di Sumenep,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Kusmawati, Senin (17/9/2018).

Menurutnya, dari 69 penderita HIV itu, 14 orang diantaranya tidak bisa diselamatkan atau meninggal dunia. Jadi, penderita HIV yang masih dalam perawatan itu sebanyak 55 orang.

“Sebanyak 55 penderita HIV saat ini aktif mendapatkan pelayanan kesehatan dari petugas medis,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, HIV ini merupakan penyakit menular yang harus dijauhi. Penyakit itu menular melalui kontak tubuh, baik secara hubungan seksual maupun diluar itu.

“Virus HIV juga bisa menular melalui cara bersalaman apabila dalam kondisi luka. Jadi hati-hati dengan penyakit ini,” harapnya.

Ia menekankan, agar Masyarakat menjauhi gonta-ganti pasangan. Sebab, virus tersebut sangat mudah menular melalui gonta-ganti pasangan tersebut.

“Selain itu, juga bisa menular melalui jarum suntik. Meskipun penyakit ini bisa disembuhkan tapi pasti ketergantungan kepada obat. Jadi, semaksimal mungkin penyebab penyakit itu dijauhi,” tukasnya. (Arifin/Anek)


Komentar