oleh

Sejuta Manfaat Pohon Cendana Bagi Kehidupan

PortalMadura.Com – Apakah Anda Mengenal atau sempat mendengar tentang kayu cendana? Yang selama ini dikenal karena kayunya yang begitu besar dan sangat kokoh jika di buat lemari dll.

Ternyata tidak hanya itu, kayu cendana juga bisa dijadikan bahan kerajinan tangan, parfum dan bermanfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Pohon Cendana

Simak di bawah ini.

1. Bahan baku furniture dan meubel

Kayu cendana merupakan salah satu kayu yang sangat diperhitungkan dalam pembuatan furniture. Banyak sekali furniture yang terbuat dari bahan dasar kayu cendana diantaranya, Lemari besar, meja makan, kursi dan perlengkapan ruang tamu, tempat tidur
Bahan kusen dan pintu

2.Dibuat kerajinan

Kayu cendana juga sering dibuat menjadi bahan baku kerajinan tangan dan menjadi bahan baku hiasan-hiasan, seperti : Keris, ukiran-ukiran

3. Lambang prestise

Kayu cendana harganya yang sangat tinggi. Hal ini membuat barang-barang yang dibuat dari kayu cendana akan memberikan kesan :Mewah dan mahal, menaikkan gengsi dan prestise

4. Bahan obat herbal

Salah satu manfaat kayu cendana bagi tubuh kita adalah dapat menjadi obat herbal. Bagian yang digunakan sebagai obat herbal adalah bagian kulit kayu serta minyak dari pohon cendana.

5. Sebagai bahan parfum dan wangi-wangian

Kayu cendana juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan parfum dan jenis wewangian yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti manfaat lengkuas. Jenis kayu cendana putih merupakan jenis cendana yang memiliki wangi-wangian yang baik dan dapat dimanfaatkan.

6. Mengendalikan stress dan kecemasan

Minyak pohon cendana juga dapat membantu mengendalikan stress dan kecemasan. Minyak cendana memiliki efek alami sebagai anti depressant yang dapat mengurangi, bahkan menghilangkan jenis kecemasan, stess dan depresi.

7. Memperlancar buang air kecil

Minyak cendana ternyata juga mampu membantu anda dalam memperlancar buang air kecil. Minyak cendana mampu menekan rasa sakit yang muncul ketika tubuh melakukan proses buang air kecil atau ekskresi. Hal ini dapat berguna bagi orang-orang yang menderita gangguan ketika buang air kecil.

8. Antiseptik dan antimikroba

Minyak cendana memiliki fungsi sebagai zat antiseptik dan zat antimikroba yang berguna bagi ketahanan dan daya tahan tubuh. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih sulit untuk terinfeksi bakteri, mikroba dan virus-virus yang membawa penyakit berbahaya.

ragam manfaat pohon cendana untuk kesehatan.

9. Manfaat kecantikan

Minyak kayu cendana juga memiliki fungsi yang sangat baik sebagai salah satu zat yang dapat memberikan efek kecantikan bagi tubuh Minyak cendana memiliki banyak kandungan yang berguna untuk Kecantikan

Itulah beberapa manfaat kayu cendana dan hasil-hasil lain dari kayu cendana. Ternyata tidak hanya baik sebagai bahan baku produksi perabotan rumah tangga, namun memiliki manfaat yang baik pula bagi kesehatan tubuh kita. Selamat Mencoba.

Rewriter: Diyah
Sumber: manfaat.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar