oleh

Selain Bisa Dimakan, Ternyata Jenis-jenis Bunga Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Mengonsumsi bunga? Kedengarannya memang aneh dan seperti yang ada dicerita-cerita horor atau berkaitan dengan hal mistis. Menurut sebuah studi yang dirilis oleh Jurnal Ilmiah Makanan, beberapa jenis bunga terbukti dapat dimakan serta aman bagi tubuh.

Di Indonesia mengonsumsi bunga mungkin bukan hal yang lazim. Namun bagi masyarakat Cina, sejumlah bunga dipercaya kaya fenolat dan memiliki kapasitas antioksidan yang sangat baik sehingga dapat mencegah penyakit kronis.

Bahkan bunga dipercaya bukan hanya dapat dikonsumsi tapi juga dapat digunakan sebagai unsur penting dalam bahan makanan atau minuman, atau sebagai pelengkap makanan atau minuman.

Berikut Jenis Bunga yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan:

Mawar
Bunga mawar bukan hanya indah namun memiliki tempat khusus dalam pengobatan Cina. Bunga ini mengandung fenolat, yang diyakini memiliki sifat anti-inflamasi, kaya vitamin, bahkan diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.

iklan hari santri

Jasmine
Bunga yang biasanya dicampur dengan teh hijau ini juga bisa ditambahkan pada salad. Jasmine atau melati memiliki sifat anti-karsinogenik dan anti-virus. Teh jasmine memang sudah terbukti bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker payudara, kanker paru-paru, dan berbagai jenis penyakit kanker dalam tubuh.

Lavender
Bunga yang harum ini kerap digunakan sebagai tambahan rasa di es krim dan yoghurt. Bunga ini dipercaya mengandung antiseptik dan efektif menyingkirkan ketombe.

Hibiscus (Kembang Sepatu)
Kembang sepatu atau bunga sepatu biasanya diseduh sebagai teh. Bunga ini mengandung anthocyanin dan antioksidan yang dapat mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol.

Chamomile (Kamomil)
Dikenal karena memiliki efek menenangkan, itulah sebabnya orang sering mencampurnya dalam teh. Chamomile juga diyakini memiliki sifat anti-inflamasi, anti-karsinogenik dan penyembuhan luka.

Krisan (Seruni)
Seperti chamomile, krisan sering dijadikan teh di Cina. Selain tinggi anti-oksidan dan mineral, bunga ini memiliki sifat anti-karsinogenik dan anti-inflamasi. Bunga krisan berkhasiat untuk mengendalikan kolesterol, penyakit gula dan pelangsing tubuh. (liputan6.com/Salimah)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.