oleh

9 Langkah Mudah Meningkatkan Kreativitas Bagi Remaja

PortalMadura.Com – Kreativitas merupakan suatu kemampuan yang sangat berarti dalam proses kehidupan manusia untuk menciptakan dan menghasilkan suatu karya-karya yang spektakuler.

Remaja adalah sosok yang cerdas dan kreatif. Sayangnya, kreativitas mereka kurang dikembangkan secara maksimal, karena remaja yang kreatif adalah remaja yang penuh dengan imajinasi dan mampu menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan bagi semua orang.

Untuk menjadi remaja yang kreatif, kamu tidak perlu memiliki IQ atau kecerdasan yang tinggi. Cukup dipelajari dan ditingkatkan terus-menerus. Lalu bagaimana langkah untuk meningkatkan Kreativitas? Berikut 9 langkah mudah untuk meningkatkan Kreativitas.

1. Mempersiapkan dengan membuat beberapa perencanaan ke depan, mempunyai kemauan yang kuat dan yakin kalau kita bisa menjadi kreatif.

2. Setelah mempersiapkan beberapa rencana ke depan, kita mencoba untuk melaksanakan perencanaan tersebut dengan rileks. Namun ketika kita tidak menemukan jalan keluarnya,  jangan berhenti dulu, tapi teruskan untuk menggali ide baru sampai menemukan ide yang pas untuk mengatasinya.

3. Dalam menggali kreativitas adalah dengan belajar dari kesalahan dan jangan pernah terpuruk dalam suatu kegagalan.

4. Orang yang ingin meningkatkan kreativitasnya harus berani mengerjakan hal-hal yang belum pernah atau jarang dilakukan sebelumnya dan lebih baik lagi jika kegiatan baru yang kita lakukan mendukung perkembangan pekerjaan utama kita.

iklan hari santri

5. Komunikasi seringkali memunculkan ide-ide yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Banyak orang yang dengan sukarela mau menularkan pengetahuannya dan pandangannya terhadap suatu hal jika kita bertanya dengan sopan. Bergabunglah dengan suatu komunitas dan berkomunikasilah secara aktif disana, kita akan menemukan banyak ide dan peluang dari situ.

6. Intensitas membaca yang tinggi akan meningkatkan pengetahuan kita terhadap berbagai macam hal. Banyaknya wawasan dan pengetahuan yang kita miliki akan sangat meningkatkan kreativitas kita juga, karena ketika kita menghadapi suatu tantangan, kita akan mampu  berpikir, berencana, dan bertindak dengan menggunakan berbagai macam informasi yang tersimpan di otak kita.

7. Saat kita membangun keterampilan dan kreativitas kita, kita harus selalu memiliki keingintahuan yang kuat terhadap segala hal.

8. Biasanya kita memiliki suatu kebiasaan yang sangat membantu untuk melatih kreativitas kita yaitu sering membawa buku catatan dan pena kemanapun kita pergi. Karena ide bisa muncul kapan saja saat kita melihat atau mendengar sesuatu.

9. Membangun kepercayaan yang positif. Kepercayaan bahwa semua masalah bisa diselesaikan adalah sikap yang baik untuk meningkatkan kreativitas. Ide dan kegiatan kita boleh saja dianggap remeh oleh orang lain, namun jika kita sudah yakin terhadap apa yang kita kerjakan, tetap lakukan dan buktikanlah. (academia.edu/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.