oleh

Selain Imunisasi, Begini Cara Lain Cegah Difteri

PortalMadura.Com – Difteri merupakan penyakit menular yang terjadi akibat infeksi bakteri. Bakteri ini merusak selaput lendir pada hidung dan tenggorokan. Biasanya, salah satu cara mudah agar tidak tertular difteri yaitu dengan imunisasi difteri.

“Kalau sudah diimunisasi, 95 persen kekebalan tubuh pasti terbentuk dan dijamin mencegah terkena difteri. Tapi harus ada pengulangan suntik lagi. WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) sudah menyarankan, tiap 10 tahun sekali diulang (imunisasinya),” kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Subuh.

Subuh melanjutkan, di negara-negara maju, masyarakat sudah sadar diri untuk melakukan pengulangan imunisasi difteri tiap 10 tahun sekali.

Sebenarnya, cara mencegah difteri tidak hanya dengan imunisasi saja, ada trik lain mencegah diri agar tidak tertular difteri. Bagi orang yang mengalami gangguan pernapasan, sebaiknya pakai masker.

Jika tubuh merasa kurang sehat, Anda tetap bisa memakai masker. Tidak lupa untuk selalu mencuci tangan agar terjaga kebersihannya.

“Pencegahan ini penting. Karena penularan difteri itu sangat cepat, terutama lewat droplet (percikan air liur). Misalnya, bersin dan batuk,” tambah Subuh. (liputan6.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE