Selain Lezat, Teh Honeybush Simpan Banyak Manfaat yang Sayang untuk Dilewatkan

Avatar of PortalMadura.com
Selain Lezat, Teh Honeybush Simpan Banyak Manfaat yang Sayang untuk Dilewatkan
Ilustrasi (klikdokter.com)

PortalMadura.Com – Teh honeybush atau yang juga dikenal dengan nama heuningbos, bergtee, atau teh gunung ini terbuat dari daun tanaman honeybush (). Tanaman honeybush memiliki bunga berwarna kuning yang beraroma seperti madu.

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, teh honeybush juga mengandung banyak mineral serta senyawa tumbuhan lain yang bertindak sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (12/8/2021), berikut manfaat teh honeybush yang sayang untuk dilewatkan:

Meringankan Gejala

Seiring bertambahnya usia, produksi hormon estrogen akan berkurang. Penurunan hormon inilah yang menjadi salah satu penyebab wanita mengalami gejala menopause. Untuk meredakan gejala menopause yang menggangu kenyamanan, cobalah untuk rutin mengonsumsi teh honeybush. Teh ini mengandung antioksidan isoflavon yang memiliki sifat fitoestrogen, yaitu senyawa kimia yang bisa bertindak sebagai hormon estrogen di dalam tubuh.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kandungan senyawa polifenol pada teh honeybush diketahui dapat membantu mencegah, mengendalikan, dan mengobati diabetes tipe 2. Teh herbal ini juga mampu mencegah komplikasi diabetes, seperti kerusakan ginjal dan sistem saraf.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat lain dari teh honeybush adalah mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Manfaat ini ada berkat tingginya kandungan senyawa mangiferin pada teh honeybush.

Menjaga

Kepadatan tulang dapat berkurang seiring dengan pertambahan usia. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan rutin mengonsumsi teh honeybush. Teh ini mengandung senyawa mangiferin dan hesperidin yang mendukung pembentukan sel-sel tulang dan melindunginya dari kerusakan.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat tentu dambaan bagi semua orang. Teh honeybush ini memiliki senyawa dengan sifat antipenuaan yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV, serta mengurangi kerutan, meningkatkan elastisitas, dan menghidrasi kulit.

Mencegah

Kandungan antioksidan polifenol pada tanaman honeybush mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah obesitas. Meski begitu, pastikan kamu tetap menjalani pola makan sehat dan rutin berolahraga agar berat badanmu tetap ideal.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.