Selain Raja Ampat, Ini 5 Surga Tersembunyi di Tanah Papua yang Eksotis

Avatar of PortalMadura.Com
5 Surga Tersembunyi di Tanah Papua yang Eksotis
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan salah satu daerah yang berada di ujung timur Indonesia dan saat ini menjadi perhatian semua masyarakat Indonesia bahkan dunia karena tragedi berdarah beberapa waktu lalu.

Puluhan pekerja proyek Trans Papua dibunuh kelompok tidak dikenal pada Minggu, 2 Desember 2018. Pembunuhan tersebut terjadi di Kali Igi dan Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Namun jauh sebelum semua hal itu terjadi, ternyata Papua mempunyai kekayaan alam yang begitu banyak dan indah. Beragam tempat wisata sekelas dunia terdapat di daerah ini. Sehingga banyak wisatawan domestik dan mancanegara berlibur ke Papua. Lantas wisata apa saja yang terdapat di Papua?

Berikut ini daftarnya:

Lembah Baliem
Lembah Baliem terletak di Pegunungan Jayawijaya yang menyuguhkan pemandangan indah di ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut yang juga dilingkupi kebudayaan Suku Dani. Menariknya, lembah ini hadir dengan hampara rumput dan ilalang warna hijau.

Lembah Baliem juga dikelilingi hamparan ilalang warna ungu di Kampung Parema Distrik Wesaput dan di Kampung Aikima Distrik Hubikosi. Hamparan cantik warna ungu ini juga ada di Distrik Napua dan Distrik Walesi.

Keajaiban alam tersebut terjadi satu kali dalam setahun, tepatnya pada bulan Mei. Warga setempat biasa menyebut tanaman sejenis rumput di sana dengan nama Lagalaga Eka atau Owasi-Wasika yang membuat keajaiban warna ungu.

Air Terjun Wafsarak
Air terjun Wafsarak berada di Jalan Wari Moos Warsa, Biak. Wisata alam ini menyajikan air terjun berwarna hijau dan para pengunjung dapat berenang juga melompat dari puncak air terjun. Menurut ulasan di TripAdvisor, dibutuhkan sekitar 1,5 hingga 2 jam untuk menuju ke air terjun ini dari Kota Biak.

Danau Sentani
Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops. Panorama di objek wisata ini menghadirkan bukit-bukit hijau dengan danau yang air danau yang tenang. Setiap tahunnya, ada pula Festival Danau Sentani dengan berbagai kemeriahan, mulai dari tarian adat, upacara adat, hingga kuliber setempat.

Pantai Tablanusu
Pantai Tablanusu terletak di Kampung Wisata Tablanusu Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Lautnya yang biru yang dikelilingi pepohonan hijau jadi suguhan yang siap memanjakan mata pengunjung. Pantai Tablanusu bisa jadi salah satu tujuan wisata Anda jika berkunjung ke Papua.

Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional Lorentz adalam taman nasional yang terbesar di Asia Tenggara. Masuk dalam situs warisan dunia UNESCO, Taman Nasional Lorentz membentang dari puncang gunung hingga perairan pesisir pantai dengan hutan bakau serta batas tepi Laut Arafuru menghadirkan panorama super indah dan menakjubkan. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.