oleh

Senam Lantai Kaya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Salah satu cabang dari olahraga senam lantai dilakukan di atas permukaan lantai dengan menggunakan alas berupa sebuah matras. Gerakannya bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Manfaat senam lantai untuk kesehatan tubuh tentunya harus diikuti dengan penerapan gerakan yang benar. Hal ini karena gerakan dalam senam lantai ini menuntut kekuatan tangan dan kaki, sekaligus koordinasi otot-otot tubuh dan persendiannya.

Dilansir dari laman Popmama.Com berikut ini beberapa manfaat senam lantai untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Fleksibilitas

Senam lantai kedengarannya sulit dilakukan. Namun jika sudah sering dilakukan dan terbiasa bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda.

Otot menjadi lebih kencang dibandingkan melakukan olahraga lainnya. Disanrankan membuat jadwal rutin melakukan senam lantai setiap minggunya.

Sebagian besar latihan membutuhkan fleksibilitas dan Anda akan melihat beberapa otot menjadi lebih kencang. Melatih otot Anda melalui gerakan senam lantai, membuat tubuh beradaptasi untuk melakukan latihan secara benar. Mulailah dengan peregangan dan pemanasan sebelum melakukan senam lantai.

Daya Tahan Tubuh

Manfaat senam lantai untuk kesehatan lainnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Anda tidak perlu ragu untuk menambah rutinitas senam lantai ke dalam jadwal olahraga setiap minggunya.

iklan 2

Melakukan senam lantai tiga sampai lima kali dengan istirahat sejenak dapat membangun daya tahan tubuh Anda terhadap kelelahan.

Bagus Untuk Tulang

Manfaat lain dari senam lantai untuk kesehatan adalah bagus untuk tulang. Ketika sudah menguasai gerakan senam lantai, Anda tidak perlu takut lagi untuk mengalami cedera.

Senam lantai tidak hanya meningkatkan kekuatan otot tapi juga tulang dan sendi sehingga mengurangi risiko cedera saat olahraga.

Menurunkan Berat Badan

Senam lantai menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin memiliki tubuh ideal. Senam lantai bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. Manfaat senam lantai lainnya yakni untuk menurunkan berat badan. Karena banyak melibatkan otot saat latihan, Anda akan membakar lebih banyak kalori dengan latihan ini.

Mengobati Depresi

Penelitian membuktikan bahwa manfaat senam lantai untuk kesehatan tidak hanya bagus secara fisik tapi juga mental. Senam lantai dapat mengurangi depresi karena meningkatkan endorfin (hormon bahagia).

Memiliki Tidur Berkualitas untuk Ibu Hamil

Ketika hamil, pasti Anda menjadi sering lelah dan kurang tidur. Hal itu dikarenakan perubahan bentuk tubuh dan hormon. Menurut studi terbaru, peserta yang melakukan senam lantai mendapatkan manfaat kesehatan dari olahraga tersebut.

Tidak hanya kualitas tidur yang lebih baik, studi lain juga menunjukkan kalau senam lantai membantu ibu hamil mengatasi depresi, Mood Swing, atau gangguan makan.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar