Senapati Nusantara Dorong Raperda Keris Sumenep Segera Rampung

Avatar of PortalMadura.Com
Senapati Nusantara Dorong Raperda Keris Sumenep Segera Rampung
Jugil Hadiningrat

.Com, Sumenep – Bendahara Senapati Nusantara, Jugil Hadiningrat mendorong agar Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumenep untuk segera merampungkan penyusunan Keris.

Jugil mengungkap, lahirnya inisiasi penyusunan raperda keris merupakan kesepakatan antara dan Senapati Nusantara dalam Musyawarah Agung Senapati Nusantara (MAS) yang digelar di Yogyakarta pada September 2022.

“Kami ingin agar itu (raperda keris) segera rampung. Sebenarnya itu hasil kesepakatan antara kami (Senapati Nusantara) dengan Pemkab Sumenep dalam Musyawarah Agung pada September tahun kemarin,” ungkap Jugil di Kantor Sekretariat Senapati Nusantara Yogyakarta, Jumat, 22 Juli 2023.

Ia mengaku prihatin proses penyusunan raperda keris oleh Disbudporapar Sumenep sampai sekarang belum ada progres yang signifikan.

“Paling tidak, Naskah Akademiknya sudah selesai. Kami prihatin jika ini terus berlarut progres yang berarti. Padahal 9 bulan telah berlalu sejak gelaran Musyawarah Agung itu”, ujarnya.

Ketua Paguyuban Madura Yogyakarta (KMY) ini juga menyampaikan kekhawatirannya, Sumenep akan kehilangan momentum berharga untuk mengembalikan masa kejayaan akibat berlarutnya penyusunan raperda keris.

“Mengembalikan masa kejayaan bukan perkara mudah. Tapi jauh akan lebih sulit jika kita tidak segera memulainya dengan sesuatu yg monumental seperti raperda keris ini yang akan menjadi satu-satunya di Indonesia”, ujarnya.

Walaupun demikian, tokoh Madura-Yogyakarta kelahiran Aengbaja Raja Bluto Sumenep ini mengaku tetap optimis Disbudporapar Sumenep segera bergerak cepat untuk merampungkan raperda keris.

“Kami akan terus mendorong ini agar segera rampung. Saya masih optimis Disbudporapar Sumenep bisa merealisasikan raperda keris ini”, pungkas alumni UMY tersebut.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.