oleh

Sensasi Kesegaran Es Timun Serut Selasih Untuk Buka puasa

PortalMadura.Com – Saat ramadan tiba, biasanya sejumlah pedagang banyak yang menjual aneka makanan dan minuman buka puasa. Minuman bercita rasa manis dan menyegarkan biasanya lebih banyak di buru konsumen untuk dijadikan menu takjil, seperti es buah, sirup, kolak dll. Tapi, sudahkah Anda mencoba es timun serut selasih?.

Minuman kebanggaan khas Aceh ini biasanya disajikan dengan sirup gula. Saat disiram dengan perasan jeruk nipis rasanya sungguh segar di tenggorokan. Dengan aroma timun yang khas membuat minuman ini sangat cocok untuk dijadikan menu takjil Anda. Penasaran ingin mencoba?. Mudah kok, yuk ikuti resepnya:

Bahan-bahan Es Timun :

– Mentimun 1 buah (cuci bersih)
– Gula pasir 3 sendok makan
– Air putih matang 300 ml
– Air perasan jeruk nipis 2 sendok makan
– Biji selasih 1 sendok teh
– Es batu secukupnya

Cara Membuat:

Langkah pertama, rendam biji selasih ke dalam air hingga mengembang, lalu tiriskan. Selanjutnya, serut buah mentimun dan sisihkan.

Dalam wadah yang berbeda campur gula dan sedikit air hangat. Aduk rata hingga gula menjadi larut. Setelah itu, masukkan air minum, timun serut, air perasan jeruk nipis dan selasih. Aduk lagi sampai rata.

Terakhir, tuang ke dalam gelas saji. Masukkan es batu secukupnya, biarkan es batu dan air sedikit larut. Es timun serut selasih asam manis siap dinikmati dalam kondisi dingin.

Gimana, mudah kan?. Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat es timun serut selasih ini. Jika suka manis dan agar kaya rasa, silahkan tambahkan aneka sirup pilihan sesuai selera Anda. Misalnya sirup melon, stroberry, pandan dan lain sebagainya. Selamat mencoba dan selamat menikmati buka puasa. (resephariini.com/Desy)


Komentar