Sentimen Bank Sentral AS, Harga Emas Sentuh Level Terendah

Avatar of PortalMadura.Com
Sentimen Bank Sentral AS, Harga Emas Sentuh Level Terendah
ilustrasi

PortalMadura.Com emas berjangka merosot hingga sentuh level terendah dalam sebulan. Tekanan harga emas itu dipicu dari sentimen bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada awal bulan depan masih membayangi.

Suku bunga bank sentral AS lebih tinggi dapat berdampak negatif ke harga logam seperti harga emas. Untuk pengiriman Desember, harga emas jatuh 0,5 persen atau US$ 5,5 menjadi US$ 1.135,90 per ounce.

Pada pekan lalu, harga emas susut 1,8 persen. Meski demikian, harga emas masih mencatatkan keuntungan sebesar 2,4 persen pada Oktober 2015. Harga perak untuk pengiriman Desember ditutup turun 1 persen atau 16 sen ke level US$ 15,41.

Analis CMC Markets, Jasper Lawler menuturkan, data ekonomi bervariasi di awal pekan ini tidak menghentikan untuk masuk ke aset berisiko seperti saham. Ini juga mempengaruhi laju harga emas.

Berdasarkan data Institute for Supply Management menyatakan indeks manufaktur turun sedikit menjadi 50,1 persen pada Oktober 2015, dan ini level terendah sejak Mei 2013. Sedangkan angka pengeluaran konstruksi naik secara musiman menjadi 0,6 persen.

“Harga emas dan perak terus tertekan di awal pekan ini, seiring data ekonomi AS bervariasi, dan kemungkinan bank sentral AS akan menaikkan suku bunganya pada Desember,” kata Lawler seperti dikutip dari laman Marketwatch, Selasa (3/11/2015).

Sementara itu, Analis Barclays memprediksi harga emas dapat kembali naik bila bank sentral AS memutuskan tidak menaikkan suku bunga hingga Maret 2016. Pelaku pasar melihat kemungkinan kenaikan suku bunga dilakukan pada Desember 2015. Hal itu berdasarkan survei grup FedWatch CME. (liputan6)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.