Separuh Desa di Pamekasan Belum Miliki Perpusdes

Avatar of PortalMadura.com
Separuh Desa di Pamekasan Belum Miliki Perpusdes
dok. Perpusdes di Pamekasan

PortalMadura.Com, – Sebanyak 100 desa dari 187 desa/kelurahan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, sampai sekarang belum memiliki Perpustakaan Desa (Perpusdes).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pamekasan, Budi Ashari memaparkan, dari 100 desa tersebut saat ini tengah menjadi atensi instansinya agar segera mendirikan perpusdes sebagai pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat desa.

“Seratus desa itu menjadi sasaran kami ke depan untuk penyediaan Perpusdes,” ungkapnya, Senin (19/3/2018).

Budi menambahkan, pihaknya akan memberikan bantuan 100 buku pada 12 desa di tahun 2018. Sementara pada tahun 2019 akan diajukan 16 desa untuk mendapatkan bantuan buku tersebut dari pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Bagi desa yang telah memiliki perpustakaan, pihaknya tidak bisa memberikan tambahan bantuan buku. Tetapi, desa hanya diperbolehkan meminjam buku kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sebagai tambahan konsumsi masyarakat.

“Untuk dana pengadaan buku, perpustakaan hanya memiliki anggaran Rp 150 juta sampai Rp 200 juta. Makanya kami hanya memberikan pinjaman kepada desa yang membutuhkan. Asalkan dikembalikan,” pungkasnya. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.