Sering Buang Air Kecil? Ini Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Sering Buang Air Kecil? Ini Penyebabnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan limbah berupa cairan. Hal ini juga bisa menjadi penanda kondisi kesehatan tubuh. Jumlah dan intensitas kencing berbeda tiap orang, tergantung pola makan serta gaya hidup yang dijalani. Namun, ketika sudah terlalu dalam sehari, maka hal ini bisa jadi merepotkan.

Seringnya Anda buang air kecil dalam sehari ini bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari terlalu banyak minum atau karena penyakit. Dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (7/9/2019) dari laman merdeka.com yang dikutip dari Medical Daily, berikut sejumlah hal yang bisa jadi pemicu Anda sering buang air kecil.

Konstipasi

Mungkin cukup aneh mengetahui bahwa kesulitan buang air besar bisa memicu buang air kecil. Saluran kemih dan rektum memiliki posisi berdekatan sehingga mereka dihubungkan saraf yang sama.

Cemas

Ketika Anda merasa cemas dan stres, maka Anda bisa jadi lebih sering buang air kecil. Berdasar penjelasan Calm Clinic, terjadinya hal ini disebabkan karena tegangnya otot ketika cemas.

Ketika cemas, ketegangan ini memberi tekanan pada kantong kemih yang Anda miliki. Namun di sisi lain, karena tidak adanya tambahan cairan di tubuh, maka bisa saja Anda ingin buang air tanpa ada kencing yang keluar.

Baca Juga: Penerbangan Perintis Sumenep-Pagerungan Tunggu Izin Rute

Diabetes

Penyakit diabetes bisa jadi penyebab Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena penumpukan gula di darah menarik cairan dari jaringan sehingga Anda jadi haus.

Infeksi

Sejumlah jenis infeksi yang terjadi pada saluran kencing bisa membuat Anda buang air kecil lebih banyak. Ketika Anda mengalami infeksi saluran kencing, maka air seni yang keluar bisa cukup berbeda seperti lebih keruh, mengandung darah, serta memiliki bau yang berbeda.

Kencing Batu

Terkadang mineral pada kandung kemih bisa menyebabkan gumpalan yang menimbulkan kencing batu. Ketika kencing batu ini menyebabkan iritasi pada organ tersebut, Anda mungkin menjadi lebih sering buang air kecil.

Makanan Pedas atau Asam

Saluran kemih beberapa orang bisa mengalami iritasi ketika mereka mengonsumsi makanan asam seperti saus tomat atau jeruk. Ketika mengonsumsi makanan pedas, hal yang sama juga dapat terjadi.

Makanan khusus penyebab terjadinya masalah ini bisa bermacam-macam dari satu orang ke lainnya. Selain sejumlah makanan tersebut, alkohol, pemanis buatan, dan cokelat juga bisa menjadi penyebab hal ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.