oleh

Sering Darah Tinggi di Usia Muda? Hati-hati Hipertensi Sekunder

PortalMadura.Com – Hipertensi atau darah tinggi menjadi penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Biasanya, penyakit ini diderita oleh lansia atau usia yang sudah tua. Tapi ternyata, sekarang ini sudah banyak usia muda di bawah 30 tahun rentan mengalami hipertensi.

Kenapa bisa terjadi?. Apa penyebabnya dan apakah berbahaya?. Menurut Ketua Indonesian Society of Hypertension (INA-SH), dr Yuda Taruna, SpS(K) mengatakan, memang hipertensi bisa menyerang kelompok umur manapun. Namun jika usia pasien masih di bawah 30 tahun, patut dicurigai adanya hipertensi sekunder.

“Hipertensi sekunder itu yang terjadi karena sebab lain. Misalnya ada tumor di ginjal atau penyakit hipertiroid itu juga bisa menyebabkan terjadinya hipertensi,” tuturnya.

iklan hari santri

Dijelaskan dr Yuda, hipertensi sekunder berbeda dengan hipertensi primer, di mana penyebabnya sulit diketahui. Semakin muda usia didiagnosis hipertensi, semakin besar peluang hipertensi sekunder.

Di sisi lain, dekan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya ini juga menyebut pentingnya melakukan cek tekanan darah secara benar. Pasalnya, ada juga kasus di mana tekanan darah tinggi namun bukan karena hipertensi.

Misalnya saat pagi, di mana siklus tubuh memang membuat tekanan darah akan tinggi. Atau saat di mana Anda sedang mengalami nyeri, menahan pipis, hingga pengaruh obat-obatan yang di konsumsi juga akan memengaruhi tekanan darah.

“Minum obat pilek atau habis minum kopi juga bisa bikin tensi tinggi saat diperiksa, maka dari itu pemeriksaan tekanan darah harus dilakukan secara benar dan berkala. Untuk melihat apakah benar hipertensi atau karena penyebab lain,” tutupnya. (detik.com/Putri)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.