Sering Disepelekan, Ternyata Fungsi Tutup Pentil Ban Sangat Penting

Avatar of PortalMadura.com
Sering Disepelekan, Ternyata Fungsi Tutup Pentil Ban Sangat Penting
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan komponen kecil yang ada pada bagian ban kendaraan. Alat ini sering kali diabaikan atau dianggap sepele oleh pemiliknya. Bahkan, banyak kendaraan bermotor yang tidak menggunakan komponen ini.

Padahal, keberadaannya memiliki sejumlah fungsi. Apa saja?. Perlu Anda ketahui, yang terbuka atau tidak menggunakan tutup dapat menyebabkan debu serta air masuk, sehingga katup akan rusak dan karet sil di dalam valve menjadi getas.

Selain itu, bagian logam pada ban juga akan mengalami korosi atau karatan karena air bisa dengan mudah masuk melalui sela pentil tanpa pelindung.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin kebocoran udara akan terjadi dari celah yang rusak. Tekanan udara di dalam ban juga terus menurun akibat kebocoran halus yang tidak terdeteksi.

Pentil ban berfungsi menjaga ban tetap dalam tekanan ideal. Rembesan udara melalui sela-sela pentil bisa tertahan oleh tutup dan tidak langsung terbuang.

Tekanan Ban
Tekanan ban yang ideal tentu sangat penting ketika kendaraan melaju pada kecepatan tinggi. Berkurangnya tekanan udara membuat ban kurang stabil dan limbung, sehingga sangat berbahaya saat dipacu di jalan.

Baca Juga : Inilah Fungsi Tutup Pentil yang Sering Diabaikan Pengendara

Tidak hanya itu, dalam kondisi tertentu, kawat penyangga di dalam ban akan bekerja ekstra menahan beban berlebih karena kurangnya tekanan udara. Lama kelamaan, kawat akan putus dan berpotensi menyebabkan ban benjol atau pecah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.