Sering Mengiler Ketika Tidur? Cek Disini Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Sering Mengiler Ketika Tidur? Cek Disini Penyebabnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu kebiasaan ketika tidur yang dilakukan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa adalah mengiler. Hal ini bisa sangat mengganggu saat tidur dan membuatmu malu saat bangun tidur.

Akan tetapi, beberapa orang memiliki berbagai kebiasaan yang berbeda ketika tidur. Beberapa orang memiliki kebiasaan mendengkur, berbicara ketika tidur, atau berbagai kebiasaan lainnya. Beberapa masalah tidur seperti mendengkur biasanya disebabkan karena masalah kesehatan yang ada dalam diri.

Lalu apa sebenarnya penyebab seseorang mengiler ketika tidur?

Seperti dilansir merdeka.com dikutip dari VeryWell Health, tubuh memproduksi lebih dari satu liter air liur tiap harinya. Air yang diproduksi kelenjar liur ini biasanya ditelan kembali dan beredar dalam tubuh melalui saluran darah.

Ketika sedang tidur, otot tubuh biasanya menjadi santai terutama pada fase REM. Ada kemungkinan bahwa pada saat itu mulutmu terbuka sehingga air liur bisa mengalir keluar dari mulut.

Posisi Tidur Bisa Menyebabkan Anda Mengiler
Kemungkinan ada hal lain yang bisa menyebabkan terjadinya masalah ini. Selain karena mulut terbuka, posisi tidur yang Anda miliki bisa berpengaruh dan tidur miring menyebabkan air liur mengalir dari ujung bibir.

Penyebab mulutmu terbuka pada malam hari adalah karena Anda tak dapat bernapas dengan baik melalui hidung. Adanya gangguan atau kondisi tersumbat menyebabkan seseorang jadi bernapas melalui mulut dan terbuka di siang hari.

Baca Juga: Uji Kepemimpinan Bacakades di Sumenep Dinilai Cacat Hukum

Hidung tersumbat yang menyebabkan mulut terbuka ini bisa muncul karena demam atau alergi. Selain menyebabkan timbulnya kebiasaan mengiler, bernapas melalui mulut ketika tidur ini juga bisa menyebabkan dengkuran dan gangguan tidur.

Cara Mengatasi Iler Berlebih
Berliur atau mengiler secara berlebihan juga bisa terjadi karena obat yang Anda konsumsi atau kondisi medis lain. Untuk menghindari kebiasaan mengiler saat tidur Anda bisa dengan mulai mengubah posisi tidur. Selain itu Anda juga bisa menjga kesehatan agar hidung tak tersumbat.

Beberapa kasus membutuhkan bantuan dari dokter atau tenaga medis. Sebaiknya segera berkonsultasi, ketika kebiasaan mengiler yang Anda miliki tak kunjung usai.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.