Sering Ngiler Saat Tidur? Ini 4 Cara Atasinya

Avatar of PortalMadura.com
Sering Ngiler Saat Tidur? Ini 4 Cara Atasinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebiasaan bagi sebagian orang memang sangat memalukan. Padahal, mengalami ngiler saat tidur merupakan hal wajar yang tidak perlu dipermasalahkan.

Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk menghilangkan kebiasaan ngiler saat tidur. Apa saja?.

Berikut empat cara menghilangkan ngiler saat tidur:

Ubah Posisi Tidur
Jika Anda selama ini suka tidur menyamping atau tengkurap, kini waktunya coba mengubah posisi tidur favorit Anda. Coba biasakan tidur telentang dengan menyisipkan guling atau bantal tebal di kedua sisi tubuh, dan di bawah lutut agar Anda tidak berguling pindah posisi di tengah malam.

Cari juga bantal tidur yang tidak terlalu keras atau terlalu tinggi. Leher tidak harus mendongak atau justru terkulai menunduk selama tidur, cukup disangga sehingga kepala tetap sejajar dengan punggung atas dan tulang belakang.

Posisi tubuh ini bisa menampung air liur di tenggorokan dan gaya gravitasi yang membantu mencegah air liur keluar merembes dari mulut.

Kurangi Makanan Manis
Cobalah untuk membatasi makanan manis dan bergula sebagai cara menghilangkan ngiler saat tidur. Banyak makan-makanan manis bisa merangsang produksi air liur. Semakin banyak gula yang Anda makan, semakin banyak liur yang diproduksi dalam mulut.

Berobat ke Dokter
Jika liur yang keluar selama tidur malam sangat berlebihan sampai tampak seperti banjir, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Apalagi jika sampai disertai gejala lain, misalnya kesulitan bernapas atau pembengkakan bibir dan wajah. Ngiler yang parah bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.

Produksi air liur yang terlalu banyak juga berisiko menyebabkan Anda tersedak saat tidur yang bisa membahayakan. Ketika menarik napas, liur yang menggenang dapat mengalir masuk ke dalam paru-paru dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi paru-paru yang disebut pneumonia aspirasi.

Obati Alergi dan Sinus
Infeksi sinus, pilek, dan alergi yang kambuh bisa bikin tidur tidak nyenyak sampai mengiler karena hidung tersumbat. Maka dari itu, minum dulu obat Anda sebelum tidur agar bisa bernapas lega selama tidur.

Kebanyakan obat flu, alergi, dan pilek bisa dibeli di apotek atau toko obat tanpa harus menebus resep. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.