oleh

Sering Nyeri Otot Setelah Berolahraga? Redakan dengan 6 Cara Ini

PortalMadura.Com – Rasa pegal dan nyeri otot biasanya muncul ketika seseorang mulai melakukan olahraga yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Dengan kata lain hal ini menjadi penanda bahwa otot mulai beradaptasi dengan rutinitas olahraga yang dijalani.

Parahnya rasa nyeri ternyata juga sangat tergantung dari seberapa berat olahraga yang Anda lakukan. Biasanya rasa nyeri ini akan menghilang dengan sendirinya setelah tiga hingga lima hari berselang. Meskipun akan hilang dengan sendirinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri ini lebih cepat. Hal ini dilansir PortalMadura.Com dari laman merdeka.com yang mengutip dari The Health Site. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga ringan bisa meningkatkan aliran barah ke seluruh tubuh. Meningkatkan aliran darah dan nutrisi pada tubuh bisa mempercepat proses penyembuhan otot.

Minum Banyak Air Putih

Air bisa membilas racun yang ada di dalam tubuh. Ketika otot terkoyak, dilepaskan sejumlah racun ke dalam tubuh. Munculnya hal ini bisa meningkatkan rasa nyeri dan pegal di dalam tubuh. Oleh karena itu, minum banyak air bisa membantu menghilangkan racun ini.

Loading...

Konsumsi Protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membangun dan mempertahankan otot. Ketika Anda mengonsumsi nutrisi ini, penyembuhan dari otot bakal berjalan lebih cepat.

Lakukan Peregangan Otot

Meregangkan otot merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kaku dan pegal di otot. Hal ini tidak hanya bisa membuat Anda merasa lebih baik namun juga membuat pergerakan Anda jadi lebih bebas.

Baca Juga: Satu Tersangka Curanmor Ditembak Mati, Satu Kabur dan Satu Ditangkap

Lakukan Terapi Panas

Terapi panas bisa membantu mengurangi rasa tegang dan nyeri pada otot Anda. Cara ini juga bisa meningkatkan sirkulasi dan mempercepat proses penyembuhan.

Dinginkan Bagian yang Nyeri

Selain terapi panas, terapi dingin dengan es juga dapat dilakukan untuk membantu mengatasi nyeri otot. Hal ini bisa membantu mengurangi bengkak dan meminimalisasi radang.

Sejumlah hal tersebut bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri dan pegal otot yang terjadi usai berolahraga. Namun jika rasa nyeri tersebut tidak kunjung hilang setelah beberapa waktu, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: merdeka.com

Komentar