oleh

Setelah Menikah, Kapan Waktu yang Tepat Punya Anak?

PortalMadura.Com – Bagi pasangan yang telah menikah, memiliki momongan biasanya menjadi impian besarnya. Tidak sedikit dari beberapa dari mereka yang justru ingin cepat-cepat punya anak.

Tapi sebelum rencana itu dilakukan, alangkah baiknya Anda dan pasangan membicarakannya terlebih dahulu dan melakukan kesepakatan yang tepat agar persiapan Anda saat punya anak lebih matang.

Lantas, kapan sebaiknya memiliki anak?.

Di Amerika, pasangan menikah biasanya menunggu sekitar tiga tahun untuk memiliki anak pertama. Biro Sensus Amerika Serikat dan Centers for Disease Control melihat usia paling populer bagi wanita untuk menikah adalah 26 tahun dan 29 untuk memiliki anak pertama.

Namun, menurut beberapa ahli hubungan dan pernikahan, ada beberapa faktor yang akan menentukan berapa lamanya Anda harus memiliki anak, setelah menikah.

Menurut seorang konselor profesional klinis belisensi, Julienne Derichs, yang telah memiliki pengalaman lebih dari 22 tahun bekerja dengan berbagai pasangan, menegaskan bahwa ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum Anda dan pasangan menentukan untuk memiliki anak.

Pertama adalah berapa usia Anda dan pasangan, serta yang kedua adalah seberapa stabil Anda dan pasangan di dalam hubungan pernikahan itu sendiri.

Semakin muda usia pasangan, mereka bisa semakin lama menunggu. Jika Anda dan pasangan berada di kisaran usia 18 sampai 24 tahun, berarti setidaknya tunggulah 4 sampai 6 tahun untuk lebih mengenal satu sama lain dan menciptakan kestabilan finansial sebelum memiliki anak.

Jika Anda dan pasangan berada di kisaran usia 22 sampai 27 tahun, setidaknya tunggulah 2 sampai 3 tahun untuk menciptakan rasa aman dan kestabilan yang dibutuhkan untuk membesarkan anak dengan baik.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum Anda dan pasangan memutuskan memiliki anak sebenarnya tergantung pada kekuatan dan kelemahan masing-masing pribadi. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Putri)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...