Setiap Hari, 17 Orang Bersihkan Kali Marengan

Avatar of PortalMadura.Com
Setiap Hari, 17 Orang Bersihkan Kali Marengan
dok. Bersih-Bersih Kali Marengan

PortalMadura.Com, – Sedikitnya 17 orang diterjunkan untuk membersihkan sampah-sampah di sepanjang , Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Orang-orang ini diterjunkan setiap hari untuk membersihkan Kali Marengan. Ini kami lakukan untuk mengantisipasi terjadinya genangan air saat hujan lebat dan air pasang,” kata Eri Susanto, Kepala Dinas PU Pengairan Sumenep, Sabtu (17/1/2015).

Menurutnya, terjadinya genangan air di Kali Marengan yang mengakibatkan itu disebabkan bukan semata-mata karena curah hujan tinggi, melainkan juga terjadi air laut pasang.

“Selain membersihkan sampah-sampah rumah tangga yang berserakan di kali, kami juga melakukan normalisasi dengan mengeruknya,” ujarnya.

Dengan membersihkan sampah dan mengeruk Kali Marengan itu, dipastikan tahun ini tidak terjadi genangan air hingga masuk ke rumah pemukiman warga.

“Insyaallah tidak terjadi banjir atau genangan air saat hujan deras. Tapi kalau misalkan terjadi hujan deras dan air laut pasang, ya kami tidak bisa memastikan tidak bisa terjadi banjir,” ungkapnya.

Pemukiman warga di sekitar Kali Marengan, kecamatan kota ini, sudah menjadi langganan banjir setiap musim hujan. Padahal sudah beberapa kali dilakukan normalisasi kali.

“Sebenarnya bukan banjir, tapi genangan air yang disebabkan curah hujan tinggi dan air laut pasang,” pungkasnya. (arifin/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.