oleh

29 Persen, Penderita HIV Lebih Banyak Dialami Ibu Rumah Tangga

PortalMadura.Com – Belum banyak yang tahu bahwa penularan virus HIV/ AIDS banyak dialami oleh ibu rumah tangga. Bahkan menurut data yang berhasil dihimpun oleh PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) hingga September 2014, sebanyak 29 persen orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Indonesia adalah ibu rumah tangga yakni sebanyak 6539 orang.  Jumlah ini tiga kali lipat lebih tinggi dibanding penjaja seks komersial (PSK) yaitu 2052 orang.

Direktur Eksekutif Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Inang Winarso mengungkapkan bahwa penularan HIV terbanyak bukan dari penjaja seks. Para ibu rumah tangga yang terkena HIV AIDS ini kebanyakan tertular dari suaminya ketika melakukan hubungan seksual. Akibatnya sang istri yang tak bersalah harus tertular virus dari suami yang biasanya dibawa dari hubungan terlarang dengan penjaja seks komersil (PSK).

“Virus itu bukan lagi di lokalisasi, tapi bisa di kamar rumah masing-masing. Bisa terjadi karena laki-laki membeli seks,” jelasanya pada acara Temu Media di Wisma PKBI, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Untuk itu, tes HIV bagi perempuan dan laki-laki penting dilakukan. Apalagi bagi ibu hamil, jika benar terinfeksi maka lebih rentan untuk menularkannya ke sang janin.

“Tes HIV penting dilakukan. Semakin cepat terdeteksi semakin baik agar cepat diobati dan tidak berujung parah,” jelasnya.(suara)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE