Shin Tae Yong “Sakit Hati”, Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Avatar of PortalMadura.com
Shin Tae Yong "Sakit Hati", Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Shin Tae Yong "Sakit Hati", Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20

PortalMadura.comPelatih Tim Nasional U-20 Shin Tae Yong mengaku merasa sangat kecewa setelah FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah . Shin Tae Yong, yang berasal dari Korea Selatan, juga menyampaikan bahwa para pemain U-20 sangat sedih dan kecewa atas keputusan ini.

“Pertama saya sampaikan sakit hati, saya sendiri, merasakan pemain, betapa lelahnya, apalagi persiapan 3 tahun 6 bulan,” kata Shin Tae Yong, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (30/3/23)

Ia mengatakan kondisi ini memang tak menguntungkan bagi Indonesia. Berkaca dari pengalaman Korsel pada Piala Dunia 2017, sebagai penyelenggara tuan rumah Piala Dunia U-20 berdampak positif pada sepakbola negara tuan rumah.

“Ini menghilangkan harapan dan impian, tak ada kata-kata lagi,” kata Shin dalam pernyataan yang diterjemahkan asistennya.

Shin mengatakan padahal para pemain U-20 sudah meningkat kepercayaan dirinya setelah Piala Asia di Uzbekistan, meski tak lolos grup.

“Pemain kecewa besar dan sedih,” katanya.

FIFA secara resmi memutuskan mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Keputusan itu disampaikan FIFA melalui situs resminya, Rabu (29/3/2023), menyusul pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha, Qatar.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin dengan tanggal turnamen saat ini tidak berubah,” tulis FIFA. Seperti diketahui, turnamen itu dijadwalkan berlangsung Sabtu (20/5/2023) hingga Minggu (11/6/2023).

FIFA pun menyampaikan ada potensi sanksi yang akan dijatuhkan kepada PSSI.Kendati demikian, FIFA tetap aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dengan pemerintahan Presiden RI Joko Widodo, untuk mendukung transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi Kanjuruhan Oktober 2022.

“Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Erick Thohir,” tulis FIFA.

Pertemuan lebih lanjut antara Infantino dan Erick untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.