Si Kecil Merasa Bosan? Lakukan Ini Untuk Mengatasinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Si Kecil Merasa Bosan? Lakukan Ini Untuk Mengatasinya!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Walau sudah memiliki bermacam mainan, si kecil sangat mudah mengalami rasa bosan. Karena mainan yang ia senangi tak selamanya menyenangkan baginya.

Salah satu hal yang menyebabkan si kecil merasa bosan yaitu suasana ruangan yang terlalu monoton sehingga membuat si kecil merasa tidak nyaman. Selain itu, si kecil juga merasa bosan ketika terlalu lama bermain dengan permainan yang sama. Untuk mengatasi kebosanan yang dialami oleh si kecil sebaiknya Anda menciptakan suasana baru yang nyaman.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi si kecil dari rasa bosan. Yuk simak!

Berkegiatan di Luar Rumah
Kegiatan di luar rumah tidak pernah membuat bosan. Ketika anak seharian tampak murung karena jenuh, tak bergairah untuk bermain dan rewel, ajaklah ia berjalan-jalan untuk menghirup angin segar.

Biarkan sedikit tetes hujan menyentuh jari tangannya. Atau kreasi permainan yang bersifat intermezzo agar dapat menjadi selingan sejenak. Misalnya, lomba lari di sekitar rumah, atau memungut dedaunan kering di taman rumah dan sebagainya.

Menyiapkan Daftar Tugas
Jika ia sudah terlihat rewel dan minta perhatian dari Mama, jangan langsung memarahinya. Cobalah untuk mengatakan padanya bahwa Mama punya banyak kegiatan yang seru.

Mama bisa mengajaknya untuk mengikuti kegiatan Mama. Tak perlu merasa direpotkan ketika membersihkan rumah dengan si kecil. Hal ini hanya untuk membuatnya sibuk dan melupakan rasa bosannya.

Membongkar Mainan Lama
Cobalah untuk mengajaknya membongkar mainan lama. Ia akan menemukan keseruan lain dan mengingat permainan yang dulu sering ia lakukan. Si kecil akan menemukan hal berbeda ketika bermain.

Membongkar mainan lama juga membantu Mama lo. Mama bisa memilah mana mainan yang mungkin disumbangkan dan disimpan. Hal itu akan membuat mainan lama tidak memenuhi rumah.

Ajak Keluar
Dengan kecanggihan mainan dan gadget, anak lebih senang berada di dalam rumah. Cobalah mengajaknya keluar rumah. Mama bisa mengajaknya ke taman untuk mengenalkan berbagai jenis tumbuhan. Bermain keluar rumah dapat membantunya memiliki kemampuan sosialisasi yang baik karena bertemu dengan orang banyak.

Ngobrol Singkat
Jika Mama tak punya waktu, cobalah untuk mengambil waktu 15 hingga 30 menit untuk berkomunikasi dengannya. Usahakan berkomunikasi dengan cara berbeda seperti bermain tebak-tebakan, memeluknya atau saling melempar humor.

Buatlah ia tertawa sejenak dan merasa senang. Setelah selesai, Mama bisa memintanya untuk kembali beraktivitas dan tidak menganggu Mama. Katakan padanya bahwa beberapa jam ke depan Mama akan kembali untuk bermain dengannya.

Pilihan lain, apabila Anda menguasai beberapa teknik meditatif atau relaksasi, sebaiknya Anda mempraktekkannya pada anak. Sediakan bantal besar atau kasur kecil atau tumpukan selimut lembut sebagai alas berbaring, lalu putarkan musik instrumental yang menenangkan. Biarkan anak menemukan arti dan makna diri, begitu pun ketika ia tak melakukan apa-apa.

Dalam suasana damai di kamar bermainnya, tak mustahil anak mendapat beragam inspirasi sebagai gagasan kegiatan bermain atau kegiatan lain untuk hari-hari berikutnya. Bisa dipastikan, rasa bosan apalagi frustasi tak mudah hinggap. (tabloid-nakita.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.