oleh

Siap Liburan Akhir Tahun Pakai Mobil? Perhatikan 6 Hal Ini

PortalMadura.Com – Liburan akhir tahun menjadi momen yang pas untuk traveling bersama keluarga, teman atau sahabat ke tempat-tempat wisata. Menggunakan mobil pribadi menjadi salah satu cara agar traveling lebih aman dan nyaman.

Bila tujuan traveling harus memakan waktu dan jarak tempuh yang cukup jauh, maka Anda perlu mempersiapkan performa mobil yang akan digunakan. Lakukan pemeriksaan atau pengecekan pada beberapa bagian mobil. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (31/12/2019) dari laman liputan6.com yang dikutip dari situs resmi Garda Oto.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda cek pada mobil sebelum berangkat traveling:

Oli Mesin

Pastikan oli mesin memiliki volumenya cukup. Cara cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Lihatlah batas oli yang menempel pada stik.

Level oli harus berada di garis antara tanda ‘L’ dan ‘F’, dan seharusnya sedikit dibawah garis level ‘F’. Jika kurang tambahkan secukupnya, dan pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli Anda masih cukup untuk jarak yang akan Anda tempuh.

Periksa Air Radiator dan Air Reservoir

Air radiator dalam kondisi penuh. Sedangkan air reservoir sampai batas level atau tidak perlu terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir.

Bila menemui selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti. Ini untuk menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Filter dan Selang Bensin

Selanjutnya, periksa filter dan selang bensin dalam kondisi baik. Kemudian, pastikan bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran.

iklan hari santri

Selain itu, pastikan juga filter bensin tidak tersumbat. Bagi yang sering melakukan servis rutin berkala kendaraan, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih.

AC

Periksa putaran kipas pendingin. Bila kipas diputar oleh belt, maka periksalah kondisi fisik belt. Bila belt telah retak-retak, maka layak untuk diganti. Cek juga ketegangan belt agar putaran kipas dapat optimal. Bila kipas diputar motor listrik, kondisi motor listrik harus masih baik dan layak.

Cara mengecek pedinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal yaitu dengan memperhatikan jarum pointer penunjuk temperatur.

Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman, kalau lebih dari setengah sebaiknya Anda berhenti, tunggu sampai mesin mobil dingin. Selanjutnya periksa kondisi air pendingin dan kipas.

Baca Juga: Andik Vermansyah Out, Madura United Pertahankan Alberto Goncalves

Timing Belt

Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer di spedometer mobil.

Jika timing belt telah digunakan sejauh 50 ribu kilometer, segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan karena pabrik tidak merekomendasi pemakaian lebih lama.

Air Filter (Saringan Udara)

Air filter atau saringan udara perlu dibersihkan sebelum perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 kilometer.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: liputan6.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.